Hubungan Teacher Efficacy dengan Hardiness pada Guru Sekolah Inklusi di Yayasan Inspirasi Pembelajar Kota Bukittinggi

Arifatul, Husna (2023) Hubungan Teacher Efficacy dengan Hardiness pada Guru Sekolah Inklusi di Yayasan Inspirasi Pembelajar Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (768kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Arifatul Husna.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Guru di sekolah inklusi memiliki beragam tugas dan tanggung jawab untuk mengajar siswa sehingga guru perlu memiliki hardiness agar dapat melindungi mereka dari tekanan ataupun stres. Untuk dapat menjalani berbagai tantangan dalam mendidik siswa inklusi dibutuhkan efikasi guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan teacher efficacy dengan hardiness pada guru sekolah inklusi di Yayasan Inspirasi Pembelajar Kota Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa korelasi dengan teknik analisis Pearson Product Moment. Responden dalam penelitian ini berjumlah 54 guru sekolah inklusi di Yayasan Inspirasi Pembelajar Kota Bukittinggi. Responden didapatkan melalui teknik total population sampling. Pengumpulan data menggunakan Teacher Sense of Efficacy Scale dan Dispositional Resilience Scale: A Short Hardiness Scale. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara teacher efficacy dengan hardiness pada guru sekolah inklusi di Yayasan Inspirasi Pembelajar Kota Bukittinggi dapat dilihat dari hasil analisis korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar .322 dan nilai signifikansi (p) sebesar .018 (p< .05). Hal ini menunjukkan bahwa, semakin tinggi teacher efficacy pada guru maka akan semakin tinggi hardiness yang dimiliki oleh guru sekolah inklusi di Yayasan Inspirasi Pembelajar Kota Bukittinggi dan begitu sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rani Armalita, S. Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Teacher efficacy, hardiness, guru sekolah inklusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:46
Last Modified: 19 Sep 2023 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215809

Actions (login required)

View Item View Item