FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN PASIEN JKN DI PUSKESMAS PAUH, KOTA PADANG

Zil, Himmah (2023) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN PASIEN JKN DI PUSKESMAS PAUH, KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak Skripsi_Zil Himmah.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 SKRIPSI_ZIL HIMMAH_1911211003.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 SKRIPSI_ZIL HIMMAH_1911211003.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_ZIL HIMMAH.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
SKRIPSI_ZIL HIMMAH_1911211003_AKK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Padang, capaian tingkat visit rate Puskesmas Pauh belum mencapai target yaitu 1,0 sedangkan target yang telah ditetapkan adalah 2,8. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan pasien JKN di Puskesmas Pauh, Padang. Metode Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada FebruariJuli 2023 di wilayah kerja Puskesmas Pauh dengan populasinya pasien JKN dan sebanyak 106 sampel. Pengolahan data menggunakan analisis univariat, bivariat, dan multivariat. Hasil Hasil analisis univariat menunjukkan 54,7% pasien JKN memanfaatkan pelayanan rawat jalan di Puskesmas Pauh. Kepercayaan (p=0,000), sarana (p=0,006), aksesibilitas (p=0,039), persepsi sakit (p=0,026), dan pelayanan petugas kesehatan (p=0,023) berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan, sedangkan umur (p=0,163), pendidikan (p=0,766), dan pekerjaan (p=0,411) tidak berhubungan. Hasil analisis multivariat diperoleh kepercayaan berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan pasien di Puskesmas Pauh. Kesimpulan Kepercayaan, sarana, aksesibilitas, persepsi sakit, dan pelayanan petugas kesehatan berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan di Puskesmas Pauh. Dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat, pihak Puskesmas dapat meningkatkan kinerja petugas, menambah sarana agar masyarakat tertarik berobat sehingga menumbuhkan keyakinan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafrawati, SKM., M.Comm.Health.Sc
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Rawat Jalan, JKN, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:33
Last Modified: 18 Sep 2023 09:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214692

Actions (login required)

View Item View Item