MEDIA CETAK LOKAL SUMBAR DI ERA DISRUPSI INFORMASI (Studi Fenomenologi pada Tim Kerja Redaksi Harian Haluan dan Harian Singgalang)

Eriandi, Eri (2023) MEDIA CETAK LOKAL SUMBAR DI ERA DISRUPSI INFORMASI (Studi Fenomenologi pada Tim Kerja Redaksi Harian Haluan dan Harian Singgalang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (599kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text (Full Text)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MEDIA CETAK LOKAL SUMBAR DI ERA DISRUPSI INFORMASI (Studi Fenomenologi Tim Kerja Redaksi Harian Haluan dan Harian Singgalang) Oleh : Eriandi 2120862016 Dosen Pembimbing : Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si Dr. Ernita Arif, M.Si Media cetak saat ini semakin kurang diminati masyarakat. Kehadiran media digital atau online telah membuat berita tidak lagi menjadi dominasinya media cetak dan elektronik. Media online dan media sosial telah merebut hati masyarakat dalam penyajian berita. Kemunculan media baru sebagai kemajuan teknologi komunikasi dan informasi membuat disrupsi di bidang informasi. Penelitian ini menggunakan Teori Fenomenologi Edmund Husserl, dimana pengalaman komunikasi tim kerja redaksi pada surat kabar harian lokal Harian haluan dan Harian Singgalang di Padang, di era disrupsi informasi. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber, buku, artikel, serta literatur terkait lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman komunikasi tim kerja redaksi Harian Haluan dan Harian Singgalang, upaya di era disrupsi informasi, serta pemaknaan disrupsi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan pengalaman komunikasi tim kerja redaksi Harian Haluan dan Harian Singgalang di era disrupsi informasi. Ada empat faktor pengalaman komunikasi yang membangun iklim kerja di era disrupsi informasi. Pertama saat penugasan, kedua komunikasi tim redaksi, ketiga hasil kerja dan keempat kenyamanan berkomunikasi dalam bekerja. Adanya disrupsi informasi juga membuat tim kerja redaksi Harian Haluan dan Harian Singgalang melakukan penyesuaian dalam komunikasi. Adanya penyesuaian di era disrupsi informasi, tim kerja tidak lagi berkomunikasi melalui tatap muka saja, tapi juga melalui dunia virtual seperti aplikasi online. Tim kerja juga melakukan berkomunikasi dengan berdiskusi di luar jam kantor, kemudian melakukan briefing setiap hari dan mengkomunikasikan hasil kerja setiap hari. Hasil penelitian menemukan beragam makna dari pengalaman komunikasi tim kerja redaksi yakni kerja cepat, perubahan, tantangan, kebersamaan dan tanggungjawab. Kunci: Harian Haluan, Harian Singgalang, Disrupsi Informasi, Pengalaman Komunikasi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Harian Haluan, Harian Singgalang, Disrupsi Informasi, Pengalaman Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:42
Last Modified: 15 Sep 2023 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214582

Actions (login required)

View Item View Item