Efektivitas Penggunaan Instagram Pada Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Barat Sebagai Media Informasi

Laras, Dwi Oktari (2023) Efektivitas Penggunaan Instagram Pada Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Barat Sebagai Media Informasi. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK TESIS LARAS DWI OKTARI.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN TESIS LARAS DWI OKTARI.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (Bab Akhir Penutup)
BAB 6 PENUTUP TESIS LARAS DWI OKTARI.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA TESIS LARAS DWI OKTARI.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Tesis)
TESIS LARAS DWI OKTARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Meningkatnya penggunaan instagram oleh instansi pemerintahan dewasa ini menunjukkan bahwa pemerintah semakin menyadari pentingnya memanfaatkan instagram dalam penyebarluasan informasi. Instagram BP3MI Sumbar (@bp3mi_sumbar) memiliki potensi sebagai penunjang untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan publik dalam pengelolaan data dan informasi mengenai Pekerja Migran Indonesia. Masalah yang kini dihadapi BP3MI Sumbar adalah masih banyaknya masyarakat yang tidak tahu mengenai instansi mereka. Maka dari itu, perlu pengelolaan instagram @bp3mi_sumbar yang baik agar semakin banyak masyarakat yang tahu akan instansi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan instagram @bp3mi_sumbar sebagai media informasi; (2) untuk menganalisis hubungan karakteristik followers berupa jenis kelamin, usia, pendidikan dan pekerjaan dengan efektivitas penggunaan instagram @bp3mi_sumbar sebagai media informasi, serta (3) untuk menganalisis terpaan media instagram @bp3mi_sumbar dengan efektivitas penggunaan instagram @bp3mi_sumbar sebagai media informasi. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratification. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber wawasan dan wacana dalam bidang ilmu komunikasi yang berkaitan dengan media social sebagai media informasi pemerintahan, serta memberikan masukan kepada BP3MI Sumbar dalam pengelolaan pelayanan informasi sehingga menjadikan BP3MI Sumbar lebih baik ke depannya. Metode dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan kuesioner secara online untuk pengumpulan data dengan jumlah responden sebanyak 94 yang kemudian dianalisis dengan uji chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan instagram @bp3mi_sumbar sebagai media informasi oleh followers instagram @bp3mi_sumbar ternyata efektif, (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik followers dengan efektivitas penggunaan instagram @bp3mi_sumbar sebagai media informasi, (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara terpaan media instagram @bp3mi_sumbar dengan efektivitas penggunaan instagram @bp3mi_sumbar sebagai media informasi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel lain seperti motif penggunaan dan untuk BP3MI Sumbar sebaiknya lebih sering upload konten pada igstory agar nilai terpaan dan efektivitas instagram @bp3mi_sumbar meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Instagram, Informasi, Instansi Pemerintahan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:10
Last Modified: 15 Sep 2023 04:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214559

Actions (login required)

View Item View Item