PEMANFAATAN MODAL SOSIAL DALAM MENJALANKAN USAHA KONSULTAN BISNIS MONOCA COLLECTIVE DI KOTA PADANG

RAMA, YUSUF DWIPA (2021) PEMANFAATAN MODAL SOSIAL DALAM MENJALANKAN USAHA KONSULTAN BISNIS MONOCA COLLECTIVE DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover Abstrak)
COVER AND ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (656kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penurunan penjualan sebuah usaha yang disebabkan karena adanya wabah Covid-19 membuat banyak usaha khususnya usaha makanan dan minuman mengalami kerugian, peraturan yang diterapkan oleh pemerintah untuk menanggulangi covid seperti restoran hanya menerima pesan antar, pengurangan jam operasional, hingga pembatasan jumlah pengunjung malah memperparah kondisi usaha-usaha tersebut. Muncul ide sebuah peluang usaha di bidang jasa untuk membantu sebuah bisnis untuk tetap bertahan biasa disebut konsultan bisnis. Founder memberi nama bisnis ini dengan Monoca Collective yang bergerak pada bidang Digital Marketing dan Branding yang secara resmi berdiri pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Monoca Collective memanfaatkan modal sosial untuk menjalankan bisnis di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial oleh Robert M.Z Lawang. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam menentukan informan teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian ditemukan bentuk pemanfaatan modal sosial dalam menjalankan usaha konsultan bisnis Monoca Collective di Kota Padang.berupa kepercayaan, jaringan sosial dan norma dalam membangun usaha Monoca Collective. Founder menumbuhkan kepercayaan antara karyawan dengan menciptakan hubungan kekeluargaan, kepercayaan dengan client dibangun dengan menggunakan pendekatan personal yang baik. Jaringan sosial yang terdapat pada Monoca Collective yaitu jaringan pertemanan, komunitas hobi, serta jaringan yang dimiliki client. Norma yang berlaku pada Monoca bagi karyawan yaitu adanya transparansi dengan semua anggota Monoca Collective yang membuat kredibilitas semakin tinggi, jam kerja, reward. Lalu untuk norma dengan client yaitu plus one dimana Monoca selalu memberikan service lebih untuk setiap clientnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si Zuldesni, S.Sos., MA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:56
Last Modified: 15 Sep 2023 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214429

Actions (login required)

View Item View Item