HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA DAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN SEMEN PADANG HOSPITAL

ISMED, GABILA HEIRA MUTHIA (2023) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA DAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN SEMEN PADANG HOSPITAL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover+ Abstrak)
cover+ abstrak.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1_compressed.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS Gabila Heira Muthia Ismed_compressed.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan suatu fenomena sosiologis untuk menggerakkan para pegawai dalam mencapai kinerja yang efektif dan efisien. Dibutuhkan motivasi kerja yang tinggi dalam mewujudkan kinerja pegawai yang maksimal. Peran pemimpin sangat besar untuk menciptakan suasana kerja dengan motivasi kerja yang tinggi. Praktek Manajemen kepemimpinan juga terjadi pada instalasi farmasi rawat jalan Semen Padang Hospital. Dengan tantangan beban kerja yang tinggi seorang pimpinan harus mampu memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja bawahannya agar dapat memberikan performa kinerja yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan dengan kinerja pegawai, hubungan kepemimpinan dengan motivasi kerja pegawai dan hubungan motivasi kerja dengan kinerja pegawai di instalasi farmasi rawat jalan Semen Padang Hospital. Desain penelitian ini adalah crossectional. Penelitian dilakukan melalui metode kuantitatif dan menggunakan analisis statistik Partial Least Square untuk melakukan pengujian hubungan antar variable. Penelitian ini menggunakan total sampling pada teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Kepemimpinan memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi kerja dan motivasi kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja pegawai. Pada hubungan tidak langsung antara kepemimpinan dan kinerja pegawai melalui motivasi kerja sebagai variable intervening juga didapatkan hubungan yang signifikan. Peningkatan implementasi manajemen kepemimpinan akan meningkatkan motivasi kerja petugas. Peningkatan motivasi kerja akan memberikan peningkatan kualitas kerja pegawai. Kinerja pegawai dapat meningkat melalui pemberian motivasi yang diberikan oleh pimpinan di instalasi farmasi rawat jalan Semen Padang Hospital. Untuk meningkatkan kinerja karyawan, Pimpinan pada instalasi farmasi rawat jalan semen padang hospital perlu meluangkan waktu untuk memberikan motivasi pada bawahannya. Keywords : Kepemimpinan, Kinerja Pegawai, Motivasi Kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rima Semiarty, MARS, SpKKLP
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kinerja Pegawai, Motivasi Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:38
Last Modified: 14 Sep 2023 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214299

Actions (login required)

View Item View Item