Analisa Tingkat Pelayanan Gardu Tol pada saat Peak Hours di Gerbang Tol Pekanbaru

Aldi, Maulana Ramadhan (2023) Analisa Tingkat Pelayanan Gardu Tol pada saat Peak Hours di Gerbang Tol Pekanbaru. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyelenggaraan jalan tol dimaksudkan agar terjadinya percepatan pembangunan dan pengembangan wilayah. Oleh karena itu, permasalahan-permasalahan yang mengakibatkan terganggunya kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan pengendara harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Dengan adanya fungsi tersebut, maka penyelenggaraan jalan tol harus memberikan pelayanan berupa kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan tol. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian terhadap tingkat pelayanan pada Gerbang Tol Pekanbaru. Metode antrian FIFO digunakan sebagai analisa untuk mengetahui tingkat kedatangan, tingkat pelayanan, dan panjang antrian yang terjadi pada Gerbang Tol Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisa, maka didapatkan bahwa Gerbang Tol Pekanbaru telah memenuhi Standar Pelayanan Minimum Jalan Tol, dengan volume lalu lintas maksimum yang terjadi untuk gardu masuk sebesar 333 kend/jam (SPM ≤ 500 kend/jam), sedangkan untuk gardu keluar sebesar 319 kend/jam (SPM ≤ 300 kend/jam). Untuk panjang antrian maksimum yang didapatkan pada gardu masuk sebesar 3 kend/gardu (SPM ≤ 10 kend/gardu), dan untuk gardu keluar sebesar 4 kend/gardu (SPM ≤ 10 kend/gardu). Waktu transaksi rata-rata maksimum yang didapatkan pada gardu masuk adalah 1,39 detik/kend (SPM ≤ 4 detik/kendaraan) dan untuk gardu keluar adalah 1,61 detik/kend (SPM ≤ 5 detik/kend).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Hendra Gunawan, M.T dan Bayu Martanto Adji, Ph. D
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Waktu Transaksi, Antrian FIFO, Gerbang Tol Pekanbaru, SPM Jalan Tol
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:38
Last Modified: 13 Sep 2023 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213959

Actions (login required)

View Item View Item