Hubungan antara Citra Tubuh (Body Image) dengan Perilaku Personal Hygiene saat Menstruasi Pada Remaja Putri di SMA N 2 Kota Payakumbuh Tahun 2023

Ridha, Putri Gunawan Siregar (2023) Hubungan antara Citra Tubuh (Body Image) dengan Perilaku Personal Hygiene saat Menstruasi Pada Remaja Putri di SMA N 2 Kota Payakumbuh Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Penutup/Kesimpulan)
BAB 6.pdf

Download (94kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
SKRIPSI_RIDHA PUTRI GUNAWAN SIREGAR_1911213027.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Menurut WHO (2018) personal hygiene dan kesehatan reproduksi merupakan satu dari sepuluh faktor risiko morbiditas pada usia remaja. Salah satu faktor yang mempengaruhi personal hygiene adalah citra tubuh. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan citra tubuh dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada remaja putri di SMA N 2 Kota Payakumbuh Tahun 2023. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan sampel 87 siswi dari kelas 10 dan 11 di SMA N 2 Kota Payakumbuh. Pengampilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling, dan pengolahan data menggunakan uji chi-square untuk analisis univariat dan bivariat, serta uji regresi logistik berganda untuk analisis multivariat. Hasil: Hasil penelitian didapatkan 39,1% remaja putri memiliki perilaku personal hygiene menstruasi buruk dan 55,2% memiliki citra tubuh negatif. Terdapat hubungan signifikan antara citra tubuh dan perilaku pesonal hygiene menstruasi (POR=10,379). Variabel confounding yang berhubungan dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi adalah pengetahuan tentang menstruasi (POR=,037) dan akses pembalut (POR=4,068). Sedangkan budaya dan praktik sosial tidak berhubungan. Analisis multivariat menunjukkan remaja putri dengan citra tubuh positif memiliki kemungkinan 0,1 kali terhindar dari perilaku personal hygiene menstruasi buruk(OR=0,100). Kesimpulan: Masih ada beberapa remaja putri yang memiliki personal hygiene menstruasi yang buruk. Sekolah dapat mengadakan kegiatan atau penyuluhan mengenai personal hygiene menstruasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mery Ramadani, SKM., MKM
Uncontrolled Keywords: Citra Tubuh, Personal Hygiene Menstruasi, Remaja Putri
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:21
Last Modified: 12 Sep 2023 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213704

Actions (login required)

View Item View Item