Muhammad, Iqbal (2023) Usulan Perbaikan Model Bisnis Patua Kopi Mengenai Pendekatan Business Model Canvas dan Analisis SWOT. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (613kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version Download (237kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (356kB) |
|
Text (TA Utuh)
1810933029_Muhammad Iqbal_Laporan Tugas Akhir..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Patua kopi memiliki cukup banyak pesaing yang bergerak di usaha kopi di Kecamatan Menteng. Seiring dengan perkembangan bisnis minuman kopi, maka banyak yang mengembangkan kopi dan melakukan strategi pemasarannya masing-masing untuk bisa bersaing. Hal ini membuat Patua Kopi harus melakukan evaluasi serta mengembangkan strategi dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi pembaharuan model bisnis untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis Patua Kopi. Tahapan pada penelitian ini yaitu pembuatan Business Model Canvas saat ini berdasarkan 9 elemen blok Business Model Canvas. Selanjutnya dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikombinasikan dengan analisis Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT). Setelah dilakukan analisis SWOT, dilakukan tahap perumusan strategi dengan tiga tahapan, yaitu tahap input matriks yang terdiri dari Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE), tahap pencocokan matriks SWOT dan matriks Internal External (IE) dan yang terakhir yaitu tahap keputusan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pada tahap ini didapatkan rekomendasi strategi yang paling tepat bagi Patua Kopi. Strategi tersebut digambarkan ke dalam Business Model Canvas usulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada Patua Kopi, posisi Patua Kopi berada dalam keadaan tumbuh dan membangun. Strategi utama yang dilakukan Patua Kopi adalah strategi intensif antara lain mendirikan kedai kopi yang mudah dijangkau oleh konsumen, menjaga dan meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kerja sama dengan mitra kerja, melakukan promosi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan menetapkan pemesanan dan pembayaran diawal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Eng. Dicky Fatrias, M.Eng |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Business Model Canvas, Matriks IE, Matriks SWOT, Kopi, QSPM |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 07:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 07:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213540 |
Actions (login required)
View Item |