Haya, Zahrotul (2023) ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT DARI PENGGUNAAN E-COMMERCE BAGI USAHA MIKRO DAN KECIL DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (250kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (379kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (462kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini melakukan analisis mengenai biaya dan manfaat terhadap kegiatan E-commerce yang dilakukan oleh UMKM, terhadap 12 UMKM di Kota Padang secara terarah atau sengaja. Banyaknya UMKM yang menggunakan E-commerce menimbulkan persaingan yang ketat sehingga perlu merancang strategi yang matang dalam transaksi jual-beli online oleh UMKM. Oleh karena itu, tantangan muncul dalam integrasi saluran tradisional dan digital untuk mengembangkan strategi yang sesuai dengan platform baru ini. Serta, bagi para pelaku usaha yang berkeinginan atau baru terjun dalam kegiatan E-commerce, banyak dari mereka yang masih meraba-raba seperti apa biaya-biaya yang harus dikeluarkan ketika menggunakan E-commerce sebagai alat penjualannya. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui gambaran banyaknya biaya yang dikeluarkan dan kontribusi manfaat dari penggunaan E-commerce pada UMKM di Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan variasi dalam pengeluaran biaya oleh berbagai pelaku UMKM yang menjalankan E-commerce. UMKM 9 mengeluarkan biaya modal dan biaya operasional paling tinggi, sementara UMKM 4 memiliki pengeluaran biaya tidak langsung paling tinggi. Serta, dari segi manfaat, 12 UMKM juga menyatakan bahwasanya E-commerce memberikan manfaat signifikan dalam berbagai aspek bisnis, seperti dari sisi peningkatan penjualan, perluasan pasar, pengurangan biaya usaha, meningkatkan keuntungan bersih, E-commerce dapat mengurangi harga produk dan adanya pengembangan produk dan layanan. Kata Kunci: Biaya, Manfaat, E-commerce, UMKM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Zulkifli N, SE.M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | S1 Ekonomi |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:15 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 04:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213500 |
Actions (login required)
View Item |