PENGEMBANGAN PRODUK CAMILAN KERIPIK TEMPE DENGAN PENAMBAHAN DIPPING SAUCE (Studi Kasus di Rumah Tempe Indonesia)

Indri, Sasabillah Caniago (2023) PENGEMBANGAN PRODUK CAMILAN KERIPIK TEMPE DENGAN PENAMBAHAN DIPPING SAUCE (Studi Kasus di Rumah Tempe Indonesia). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI INDRI SASABILLAH CANIAGO (1) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Tempe Indonesia (RTI) merupakan unit usaha yang bergerak dibidang penginovasian tempe segar dan produk olahan tempe. Selain tempe segar RTI memiliki beberapa produk olahan yang dipasarkan salah satunya adalah keripik tempe. Penjualan produk keripik tempe dari brand Tempekita oleh Rumah Tempe Indonesia (RTI) ini tidak setinggi penjualan yang dilakukan RTI dengan cara mendistribusikan keripik tempe polos. Untuk mengatasi hal tersebut langkah yang dilakukan adalah dengan mengembangkan produk keripik tempe menjadi keripik tempe dengan dipping sauce yang diproduksi oleh RTI untuk segmentasi market generasi milenial sebagai target market. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan penjualan dari keripik tempe yang diproduksi oleh Rumah Tempe Indonesia langsung dengan brand Tempekita oleh Rumah Tempe Indonesia dengan mengembangkan produk inovasi baru, untuk mencapai tujuan utama tersebut peneliti menggunakan model 4D (Define, Design, Development and Dissemination) dalam melakukan pengambangan produk inovasi. pengembangan produk dengan model 4D efektif dan lebih tersusun untuk mengembangkan produk camilan keripik tempe dengan dipping sauce. Penelitian ini juga menghitung rasio nilai tambah pada produk keripik tempe dengan dippimg sauce. Pada penelitian ini didapatkan rasio nilai tambah sebesar 58,85% dengan keuntungan sebesar 61,31%. Dari hasil perhitungan ukuran pasar didapatkan volume penjualan yang sebelumnya hanya 3720 pcs/bulan dapat potensi peningkatan menjadi sebesar 142.593 pcs/bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gunarif Taib, M.Si
Uncontrolled Keywords: Dipping Sauce, Keripik Tempe, Milenial, Volume Penjualan, 4D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: teknik industri pertanian
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:08
Last Modified: 08 Sep 2023 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212924

Actions (login required)

View Item View Item