Muhammad, Hardiansyah (2023) PENGARUH PELATIHAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN KOMPETENSI PERAWAT DALAM BERMEDIA SOSIAL DI RSUD PADANG PARIAMAN TAHUN 2023. Other thesis, Universitas Andalas.
Text
COVER DAN ABSTRAK_071116.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB I_062511.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB VII_081948.pdf Download (213kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_062528.pdf Download (370kB) |
|
Text
THESIS_2121312019_M.HARDIANSYAH_070912.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya pengetahuan, sikap dan kompetensi dalam bermedia sosial di duga menjadi penyebab banyaknya perilaku tidak profesional dalam media sosial. Pelatihan literasi digital dilakukan untuk meminimalkan penyalahgunaan tersebut. Pelatihan literasi digital dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, simulasi, praktik, studi kasus, presentasi dan pendampingan. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh pelatihan literasi digital terhadap pengetahuan, sikap dan kompetensi perawat dalam bermedia sosial di RSUD Padang Pariaman tahun 2023. Metode penelitian quasi experiment dengan pendekatan control-group interrupted timeseries design. Penelitian menggunakan 76 perawat dibagi kedalam 2 kelompok intervensi dan kontrol dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dinyatakan valid (≥ 0, 361) dan reliabel (> 0,9). Data diolah dengan SPSS versi 24 dan SMARTPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung pelatihan literasi digital terhadap pengetahuan, sikap dan kompetensi perawat pada kelompok intervensi dibandingkan dengan kontrol (p value = 0,000-0,001). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung pengetahuan terhadap kompetensi perawat pada kelompok intervensi dibandingkan dengan kontrol (p value = 0,036), tidak ada pengaruh langsung pengetahuan terhadap sikap perawat pada kelompok intervensi dibandingkan dengan kontrol (p value = 0,109), tidak ada pengaruh langsung sikap terhadap kompetensi perawat pada kelompok intervensi dibandingkan dengan kontrol (p value = 0,091) dan tidak ada pengaruh pengetahuan terhadap kompetensi yang dimediasi oleh sikap perawat pada kelompok intervensi dibandingkan dengan kontrol (p value = 0,161). Pengaruh paling dominan terbentuk sesudah dilakukan pelatihan literasi digital adalah pengetahuan perawat (t statistic = 180,751). Diharapkan perawat dapat terus membaca modul untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan kompetensi dalam bermedia sosial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Yulastri Arif, S.Kp., M.Kep. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | s2 keperawatan keperawatan |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:18 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:18 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212850 |
Actions (login required)
View Item |