Perbandingan Kinerja Pegawai Manajemen dan Hubungannya Dengan Karakteristik Individu, Kepemimpinan, dan Kepuasan Kerja Pada RSUD Perkotaan dan RSUD Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat

Ishlahatissalamah, Ishlahatissalamah (2023) Perbandingan Kinerja Pegawai Manajemen dan Hubungannya Dengan Karakteristik Individu, Kepemimpinan, dan Kepuasan Kerja Pada RSUD Perkotaan dan RSUD Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Bab I_Pendahuluan)
Bab I_Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB VI_Kesimpulan dan Saran)
BAB VI_Kesimpulan&Saran.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Capaian kinerja RSUD X hanya mencapai 76,93% dan RSUD Y sekitar 70 %, dari target capaian kinerja 100%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan antara kinerja, karakteristik individu, kepemimpinan, dan kepuasan kerja pada RSUD Kota (RSUD X) dan RSUD Kabupaten (RSUD Y) di Provinsi Sumatera Barat serta mengetahui hubungan antara karakteristik individu, kepemimpinan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai manajemen pada kedua RSUD tersebut. Metode Penelitian: dilaksanakan pada RSUD X dan RSUD Y dari Desember hingga Juli tahun 2023 menggunakan metode kuantitatif dengan comparative study dan jenis penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini terdiri atas 58 orang pada RSUD X dan 30 orang pada RSUD Y (total sampling). Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi square. Hasil: Kinerja, kepemimpinan, dan kepuasan kerja pegawai manajemen RSUD X lebih baik dibandingkan RSUD Y. Penelitian pada RSUD X menghasilkan bahwa sub variabel karakteristik individu lama kerja, kepemimpinan, dan kepuasan kerja memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja pegawai manajemen. Sedangkan pada RSUD Y, hanya kepemimpinan dan kepuasan kerja saja yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja pegawai manajemen. Kesimpulan : Kepemimpinan dan kepuasan kerja pada kedua RSUD terutama RSUD Y perlu ditingkatkan, agar kinerja pegawai manajemen juga meningkat. Diharapkan rumah sakit dapat memberikan arahan , pelatihan, penghargaan, peningkatan gaji, dan promosi kepada pegawai manajemen agar kinerja pegawai tersebut meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dra. Sri Siswati, Apt., SH., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pegawai Manajemen, Kinerja, Karakteristik Individu, Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Rumah Sakit
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:02
Last Modified: 30 Aug 2023 02:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211246

Actions (login required)

View Item View Item