Konstruksi Hegemoni Dalam Novel Imarah Ya’qubiyan Karya ‘Ala Al Aswany

Apriwanto, Apriwanto (2023) Konstruksi Hegemoni Dalam Novel Imarah Ya’qubiyan Karya ‘Ala Al Aswany. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (941kB)
[img] Text (Bab I)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
3. BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
THESIS FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tingkatan hegemoni dan menilik pemanfaatan hegemoni oleh penguasa dalam novel Imarah Ya’qubian. Data penelitian diambil dari novel Imarah Ya’qubian karya ‘Ala Al Aswany. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan teknik analisis, yaitu membaca, merekap, lalu mencatat secara deskriptif dan reflektif. Adapun teknik analisis data ialah berupa identifikasi, klasifikasi, dan analisis sesuai dengan teori yang dikemukakan Antonio Gramsci. Metode penelitian analisis ini, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teori hegemoni Antonio Gramsci. Objek penellitian adalah novel Imarah Ya’qoubiyan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tingkatan hegemoni, ditemukan hegemoni integral sebanyak 68 data; hegemoni merosot sebanyak 22 data; dan hegemoni minimum sebanyak 23 data. Ini mengindikasikan bahwa penunjukan strata sosial masyarakat Mesir dalam novel Imarah Ya’qoubiyan lebih cenderung meniadakan intervensi secara diktator dan despotis. Ini terbukti dari dominan daya konsensus yang terkonstruk, hegemoni berhasil diciptakan dengan penerimaan diplomatis sebab terdapat relasi mutual.Adapun pada pemanfaatan hegemoni oleh kelas dominan, ditemukan untuk kepentingan kelas/sosial dengan kuantitas 53 data; kepentingan ekonomi sebanyak 26 data; kepentingan politik dengan 19 data; dan kepentingan ideologi sebanyak 15 data.Ini menunjukkan bahwa kepentingan kelas atas untuk menunjukkan identitasnya dalam struktur sosial kala itu mendominasi. Hal ini karena berbagai gejolak yang terjadi dalam aspek politik, ekonomi, dan sosial dalam novel Imarah Ya’qoubiyan, identitas golongan atas menjadi kecenderungan yang dimenangkan secara konsensus.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Rima Devi,S.S.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konstruksi Hegemoni, Novel Imarah Ya’qubian, Tingkatan Hegemoni, Pemanfaatan Hegemoni, Teori Gramsci
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu sastra
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:23
Last Modified: 29 Aug 2023 02:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210596

Actions (login required)

View Item View Item