Personal Branding Eka Putra dan Richi Aprian Pada Pemilihan Kepala Daerah Tanah Datar Tahun 2020

Fitratil, Fauzana (2023) Personal Branding Eka Putra dan Richi Aprian Pada Pemilihan Kepala Daerah Tanah Datar Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Skripsi Fitratil Fauzana COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Skripsi Fitratil Fauzana BAB I.pdf - Published Version

Download (831kB)
[img] Text (BAB VI)
Skripsi Fitratil Fauzana BAB VI.pdf - Published Version

Download (589kB)
[img] Text (DAPUS)
Skripsi Fitratil Fauzana DAPUS.pdf - Published Version

Download (704kB)
[img] Text (Skripsi Fitratil Fauzana FULL)
Skripsi Fitratil Fauzana FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

FITRATIL FAUZANA, 1910832032. Judul Skripsi “Personal Branding Eka Putra dan Richi Aprian Pada Pemilihan Kepala Daerah Tanah Datar Tahun 2020”. Dibimbing oleh Dewi Anggraini, S.IP., M.Si dan Irawati, S.IP., MA. Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 memunculkan persaingan politik yang sengit diantara para calon yang ingin menjadi kepala daerah, salah satunya di Tanah Datar. Salah satu hal yang menarik untuk dikaji ialah bagaimana para pasangan calon melakukan marketing politik dengan mem-branding diri mereka atau membentuk merek sehingga dikenal oleh masyarakat. Pada Pilkada Tanah Datar 2020 Eka Putra dan Richi Aprian berhasil meraih kemenangan telak, hal ini karena mereka mampu membentuk personal branding yang kuat di masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjelaskan personal branding Eka Putra dan Richi Aprian pada Pilkada Tanah Datar tahun 2020. Penelitian ini menggunakan teori personal branding oleh Montoya dan Vandehey untuk mengkaji personal branding yang dibentuk oleh Eka Putra dan Richi Aprian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dengan memaksimalkan 3 elemen pembangun personal branding menurut Montoya dan Vandehey, Eka Putra dan Richi Aprian berhasil membentuk personal branding yang kuat di masyarakat dengan memanfaatkan pengalaman yang mereka miliki. Peneliti menemukan Eka Putra dan Richi Aprian membentuk merek sebagai pengusaha muda yang energik dan penuh semangat, calon pemimpin yang pro rakyat dengan visi misi dan program unggulannya, sosok yang ramah, mampu membaur dengan siapa saja serta memiliki jaringan yang luas. Selain itu peran tim partai dan tim sukses yang mereka miliki juga sangat berpengaruh karena memiliki peran besar dalam kampanye dan juga membantu memperkuat personal branding di masyarakat dan berbagai media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dewi Anggraini, S.IP., M.Si Irawati, S.IP., MA
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Marketing Politik, Pilkada
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:42
Last Modified: 08 Aug 2023 01:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209734

Actions (login required)

View Item View Item