Perbedaan Efektivitas Mengunyah Buah Stroberi (Fragaria X Ananassa) dan Buah Nanas (Ananas Comosus L. Merr) Terhadap Perubahan Indeks Debris Pada Siswa Kelas III SD IT Adzkia 2 Padang

Yoana, Zahra Yuzandra (2023) Perbedaan Efektivitas Mengunyah Buah Stroberi (Fragaria X Ananassa) dan Buah Nanas (Ananas Comosus L. Merr) Terhadap Perubahan Indeks Debris Pada Siswa Kelas III SD IT Adzkia 2 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (BAB VI)
KESIMPULAN SARAN.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
FULL SKRIPSI YOANA WATERMARK pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Debris merupakan material lunak yang tertinggal dan menempel di permukaan gigi geligi. Upaya tambahan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan mengunyah buah tinggi kandungan serat dan air yang membantu pembersihan gigi secara mekanis. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan efektivitas mengunyah buah stroberi (Fragaria x ananassa) dan buah nanas (Ananas comosus L. Merr) terhadap perubahan indeks debris pada siswa kelas III SD IT Adzkia 2 Padang. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain one group pre test – post test. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 18 orang. Hasil Penelitian: uji wilcoxon menunjukkan penurunan rata-rata indeks debris sebelum dan sesudah mengunyah buah stroberi dan buah nanas yang signifikan (p=0,000). Uji mann-whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara selisih rata-rata indeks debris sebelum dan sesudah mengunyah buah stroberi dan buah nanas. Kesimpulan: Mengunyah buah stroberi dan buah nanas sama-sama efektif dalam menurunkan indeks debris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Hidayati, MKM
Uncontrolled Keywords: indeks debris, mengunyah, nanas, stroberi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 03 Aug 2023 09:04
Last Modified: 03 Aug 2023 09:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209726

Actions (login required)

View Item View Item