Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Perawatan Diri Hipertensi pada Pasien Usia Dewasa di Kota Padang Tahun 2023

Sulistiawati, Sulistiawati (2023) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Perawatan Diri Hipertensi pada Pasien Usia Dewasa di Kota Padang Tahun 2023. Masters thesis, FAKULTAS KEPERAWATAN.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA...pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SULISTIAWATI_Full_Repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Nama : Sulistiawati NIM : 2121312012 Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Perawatan Diri Hipertensi pada Pasien Usia Dewasa di Kota Padang Tahun 2023 xii + 167 hal + 11 tabel+ 11 lampiran+ 3 skema ABSTRAK Gaya hidup dan pola makan yang tidak baik dapat memicu berbagai penyakit salah satunya adalah hipertensi. Dimana hipertensi merupakan masalah kesehatan utama di Dunia karena pravelensinya yang tinggi dan jika tidak diobati akan menimbulkan komplikasi seperti penyakit jantung, gagal jantung dan stroke. Prevalensi hipertensi mengalami peningkatan yang signifikan pada pasien usia dewasa dikarenakan mereka enggan merubah gaya hidupnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-aktor yang berhubungan dengan perilaku perawatan diri hipertensi pada pasien usia dewasa di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu crosssectional study. Penelitian ini dilakuakan pada 270 sampel responden usia dewasa dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu menggunakan kuisioner Hypertension Blood Pressure Self Care Profile (HBP-SCP), kuesioner The Hypertension Knowledge-Level Scale (HK-LS), modifikasi kuesioner Generalized Self-Efficacy Scale, dan modifikasi kuesioner social support RAND Health. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah chi square untuk melihat antara dua variabel dan uji regresi logistic untuk melihat variabel yang paling berhubungan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan terhadap perilaku perawatan diri yaitu jenis kelamin (p=0,014), suku (p=0,006), stataus perkawinan (p=0,001), IMT (p=0,005), pengetahuan (p=0,015) dan efikasi diri (p=0,000). Efikasi diri merupakan variabel yang memiliki pengaruh yang paling kuat (OR=5,130). Perlu adanya program edukasi umum secara rutin untuk meningkatkan pemahaman pasien pada tindakan perawatan hipertensi, selain itu juga dapat melibatkan kelompok pasien hipertensi yang memiliki perawatan diri yang baik sebagai role model bagi pasien lain dalam program edukasi tersebut. Kata kunci : hipertensi, perilaku perawatan diri, usia dewasa Daftar pustaka : 72 (1997 - 2022)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:49
Last Modified: 02 Aug 2023 04:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209707

Actions (login required)

View Item View Item