Hubungan Kepatuhan Diet Dash dan Kepatuhan Minum Obat dengan Derajat Hipertensi Pasien Hipertensi di Kelurahan Andalas Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Tahun 2023

Suci, Faisal (2023) Hubungan Kepatuhan Diet Dash dan Kepatuhan Minum Obat dengan Derajat Hipertensi Pasien Hipertensi di Kelurahan Andalas Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Skrispsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyakit hipertensi merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun penyakit ini dapat dikontrol agar tidak terjadi komplikasi yang lebih berbahaya bahkan kematian. Pemberian terapi Diet DASH dan obat antihipertensi merupakan terapi yang bisa dilakukan untuk mencegah komplikasi, namun masih sedikit penelitian yang membahas permasalahan ini. Tujuan dari penelitian mengetahui sejauh mana hubungan kepatuhan diet DASH dan kepatuhan minum obat dengan derajat hipertensi pada pasien di kelurahan Andalas wilayah kerja Puskesmas Andalas tahun 2023. Instrumen yang digunakan Hypertension Self-Care Activity Level Effect (H-Scale). pengolahan data dilakukan dengan analisis chi square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai p<0,005 sehingga dapat dsimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kepatuhan diet DASH dan kepatuhan minum obat dengan derajat hipertensi pasien hipertensi kelurahan Andalas wilayah kerja puskesmas Andalas tahun 2023. Pasien hipertensi kelurahan Andalas diharapkan dapat meningkatkan kepatuhannya dalam diet DASH atau meningkatkan manajemen pola makan dan kepatuhan minum obat dengan adanya kontribusi dan dukungan dari anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp, MN, PhD Ns. Boby Febri Krisdianto,S.Kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:33
Last Modified: 28 Jul 2023 04:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209648

Actions (login required)

View Item View Item