Pengembangan Desain Kemasan Produk Pada Industri Kecil Menengah (Ikm) Kerupuk Dapur Mama Er Dengan Metode Grounded Theory

Ahmad, Hamdi (2023) Pengembangan Desain Kemasan Produk Pada Industri Kecil Menengah (Ikm) Kerupuk Dapur Mama Er Dengan Metode Grounded Theory. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
01 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
04. BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (BAB VI)
09. BAB VI.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kerupuk merupakan makanan sampingan yang sangat favorit bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Sumatra Barat. Kerupuk Dapur Mama Er merupakan salah satu Industri Kelas Menengah yang bergerak dalam bidang produksi kerupuk. Dalam menjalankan usahanya, Kerupuk Dapur Mama Er memiliki permasalahan sehingga tidak bisa bersaing dengan usaha lain sejenis dan menyebabkan omset yang kecil jika dibandingkan dengan usaha lain yang sejenis. Salah satu permasalahan yang dialami oleh Kerupuk Dapur Mama Er adalah kualitas dari kemasan yang tidak menarik minat dari calon konsumen. Kemasan adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha karena merupakan citra pertama yang dilihat oleh calon konsumen saat akan membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain kemasan produk dari Kerupuk Dapur Mama Er yang diinginkan oleh konsumen dengan menggunakan metode Grounded Theory. Grounded Theory adalah metode penelitian kualitatif yang mengkonstruksi teori berdasarkan fenomena yang ada. Grounded Theory nantinya dapat menentukan variabel-variabel yang penting yang berkaitan dengan kemasan yang diinginkan oleh konsumen. Setelah variabel-variabel penting ditemukan, lalu di olah sehigga dijadikan beberapa kata kunci yang dijadikan pedoman dalam melakukan pengembangan kemasan produk. Penelitian ini menemukan 48 kata kunci yang menunjukan kemasan yang sesuai dengan keinginan konsumen. 48 kata kunci yang ditemukan dapat dikelompokan kedalam 8 variabel yang saling berhubungan berdasarkan dimensi kualitas. Desain kemasan yang baru akan didesain berdasarkan kata kunci yang sudah ditemukan. Dibuat 6 alternatif desain kemasan yang nantinya akan disurvey manakah desain yang sesuai dengan keinginan dari konsumen, sehingga bisa ditetapkan desain yang akan diguanakan, yang nantinya dibuatkan prototype.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. Alizar Hasan, MSIE., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Industri Kelas Menengah, Desain Kemasan, Grounded Theory, Kata Kunci, Konsumen
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 21 Jul 2023 09:09
Last Modified: 21 Jul 2023 09:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209204

Actions (login required)

View Item View Item