Faktor-Faktor yang Memengaruhi Fatigue pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisis di RSUP dr. M. Djamil Padang

Aisyah, Rifdatunnisa (2023) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Fatigue pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisis di RSUP dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (SKRIPSI full text)
SKRIPSI_1911312057_AISYAH RIFDATUNNISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fatigue menjadi dampak terapi hemodialisis yang sering dialami pasien hemodialisis yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian mengenai faktor-faktor yang memengaruhi fatigue pada pasien hemodialisis sudah cukup banyak ditemukan, namun masih terdapat inkonsistensi dari hasil penelitian, sehingga perlu diteliti kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi fatigue pada pasien penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisis. Jenis penelitian ini adalah kuantiatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 111 orang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner demografi, kuisioner FACIT-Fatigue Scale dan lembar observasi kadar hemoglobin, berat badan, dan tekanan darah. Uji statistik yang digunakan adalah uji Kruskal Wallis, uji korelasi Pearson pada variabel yang terdistribusi normal dan uji Spearman untuk variabel yang tidak terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan status pekerjaan tidak berhubungan dengan fatigue. Lama menjalani hemodialisis berhubungan terhadap fatigue (p>0,05) dengan kekuatan lemah dan arah positif. Tekanan darah berhubungan terhadap fatigue (p=0,005) dengan kekuatan lemah dan arah negatif. Kadar hemoglobin berhubungan terhadap fatigue (p=0,000) kekuatan cukup dan arah positif. IDWG berhubungan terhadap fatigue (p=0,01) dengan kekuatan lemah arah negatif. Diharapkan perawat dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi fatigue pasien dan meningkatkan asuhan keperawatan sesuai kondisi fatigue yang dialami pasien sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup pasien dan diharapkan pasien agar lebih memperhatikan asupan makanan dan cairan, serta aktivitas sehari-hari agar dapat mengontrol fatigue yang dialami pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Fitri Mailani, S. Kep., M. Kep
Uncontrolled Keywords: fatigue, penyakit ginjal kronis, faktor demografi, faktor situasional, faktor fisiologis
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:40
Last Modified: 21 Jul 2023 01:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208762

Actions (login required)

View Item View Item