Analisis Faktor yang Memengaruhi Efikasi Diri Relawan KSR PMI dalam Melakukan Tindakan Resusitasi Jantung Paru di Kota Padang

Teysa, Febriyani (2023) Analisis Faktor yang Memengaruhi Efikasi Diri Relawan KSR PMI dalam Melakukan Tindakan Resusitasi Jantung Paru di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (BAB VII - Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Watermark_Teysa Febriyani_1911312012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya efikasi diri seseorang dalam melakukan resusitasi jantung paru dapat memengaruhi keinginan untuk menolong korban dengan henti jantung. Perlu dilakukan analisis terkait faktor yang memengaruhi efikasi diri, yaitu pengalaman keberhasilan, pengalaman orang lain, persuasi verbal, serta kondisi fisiologis dan emosional. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan efikasi diri dengan pengalaman keberhasilan, pengalaman orang lain, persuasi verbal, serta kondisi fisiologis dan emosional relawan KSR PMI dalam melakukan tindakan resusitasi jantung paru di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel Proportionate Random Sampling menggunakan 82 responden yang ada di 10 unit KSR PMI Kota Padang. Analisis univariat melalui distribusi frekuensi. Analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square (p-value < 0,05). Hasil penelitian didapatkan bahwa 51,2% responden memiliki efikasi diri tinggi. Ada hubungan pengalaman keberhasilan, pengalaman orang lain, dan persuasi verbal dengan efikasi diri, koefisien signifikan yang didapatkan adalah p-value 0,002, 0,002, 0,027. Tidak ada hubungan kondisi fisiologis dan emosional dengan efikasi diri relawan KSR PMI dalam melakukan tindakan resusitasi jantung paru dengan p-value 0,123. Perlu mengadakan pelatihan resusitasi jantung paru lanjutan secara rutin untuk meningkatkan efikasi diri relawan KSR PMI dalam melakukan tindakan resusitasi jantung paru di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emil Huriani, S.Kp., M.N
Uncontrolled Keywords: resusitasi jantung paru, efikasi diri, relawan KSR PMI
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:19
Last Modified: 20 Jul 2023 01:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207791

Actions (login required)

View Item View Item