PENGARUH PENGGUNAAN SINGLE TUNED MASS DAMPER (TMD) PADA JEMBATAN CABLE STAYED TIPE FAN (STUDI KASUS: JEMBATAN BARELANG, BATAM)

PUTRI, AYU NINGSIH (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SINGLE TUNED MASS DAMPER (TMD) PADA JEMBATAN CABLE STAYED TIPE FAN (STUDI KASUS: JEMBATAN BARELANG, BATAM). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
02. ABSTRAK PUTRI AYU N.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
08. BAB I.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
13. BAB VI.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
PUTRI AYU NINGSIH (1210923009).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Jembatan cable stayed merupakan salah satu dari beberapa tipe jembatan bentang panjang. Di Indonesia, jembatan ini dapat digunakan sebagai penghubung antar pulau. Berat struktur yang lebih ringan dari tipe jembatan bentang panjang lainnya merupakan keunggulan dari jembatan cable stayed. Karena Indonesia merupakan daerah rawan gempa, maka diperlukan penerapan teknologi kontrol agar jembatan dapat kuat, kaku, stabil, dan mampu menahan beban gempa yang terjadi. Tuned Mass Damper (TMD) merupakan salah satu sistem kontrol pasif yang mereduksi atau meredam getaran akibat gempa. TMD ini dipasang pada jembatan yang diberi kekakuan atau redaman tertentu. Dengan pemberian TMD ini diharapkan dapat meliki kekuatan untuk menahan beban yang diterimanya. Kekuatan yang dimaksud dapat dilihat dari segi perilaku struktur yang berupa displacement dan gaya dalam baik itu momen, geser, dan aksial pada struktur jembatan yang megalami beban gempa. Dengan meninjau prilaku struktur jembatan tersebut, kita bisa memilih banyaknya TMD yang dapat digunakan. Maka dari itu tujuan dari tugas akhir ini ialah untuk menganalisis penggunaan Single Tuned Mass Damper pada jembatan cable stayed tipe fan akibat beban gempa arah longitudinal dan arah transversal. Untuk mengetahui perilaku struktur pada jembatan cable stayed tersebut, maka dilakukan perhitungan dengan bantuan salah satu program analisa struktur. Persen massa yang digunakan untuk TMD sebesar 3% dari total massa struktur. Dari hasil analisis, jembatan cable stayed tipe fan dengan penggunaan Single TMD dapat mereduksi frekuensi struktur, perpindahan dan gaya dalam struktur. Kata Kunci: Jembatan cable stayed, beban gempa, Tuned Mass Damper (TMD), prilaku struktur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 24 Jan 2017 08:30
Last Modified: 24 Jan 2017 08:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20752

Actions (login required)

View Item View Item