MEDIA RELATIONS PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN MEMBANGUN CITRA POSITIF PEMERINTAH (Studi Deskriptif di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Padang Periode 2020-2022)

Corry, Sasmidi (2023) MEDIA RELATIONS PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN MEMBANGUN CITRA POSITIF PEMERINTAH (Studi Deskriptif di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Padang Periode 2020-2022). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (Skripsi)
Skripsi Full Corry Sasmidi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media relations dimaknai dengan menjalin hubungan yang baik terhadap media. Adanya media relations dapat membantu pemerintah untuk menjangkau khalayak. Hubungan pihak internal dan eksternal ini harus tetap dijaga. Media merupakan pihak eksternal dari pemerintah, maka daripada itu relasi yang terjalin harus memiliki perencanaan yang saling menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan proses dari media relations yang terbagi dengan tiga, yakni perencanaan, implementasi dan evaluasi. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivis yang memandang bahwa peneliti dapat menggali realitas yang ada dengan menguji teori. Peneliti menggunakan teori stakeholder, yang mana merupakan teori mengenai pengorganisasian manajemen dan etika yang diatur oleh organisasi. Hasil dari penelitian yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa tahapan yang ada dapat berjalan dengan baik dan memaksimalkan media relations yang saling menguntungkan dengan cara memberikan pelayanan terhadap media dengan memberikan press release, membangun citra untuk dipercaya dengan memilih media yang kredibel. Protokol dan Komunikasi Pimpinan memaksimalkan tim dokumentasi dan publikasi pimpinan serta membangun hubungan personal yang harmonis. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa hambatan tentunya pasti ada secara personal dengan pekerja media atau wartawan, namun dapat diperbaiki dengan cara bertatap muka. Protokol dan Komunikasi Pimpinan dalam membangun citra positif Pemerintah ditempuh dengan cara analisis lingkungan, meningkatkan hubungan dengan media, memberdayakan sumber daya manusia dan mempertimbangkan dokumen pelaksana anggaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom Revi Marta, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Citra, Media Relations, Protokol dan Komunikasi Pimpinan.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:47
Last Modified: 18 Jul 2023 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207513

Actions (login required)

View Item View Item