ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS PADA SIMPANG TAK BERSINYAL STUDI KASUS - SIMPANG EMPAT GANTING PADANG

suhenda, Rayhandra putra (2023) ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS PADA SIMPANG TAK BERSINYAL STUDI KASUS - SIMPANG EMPAT GANTING PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
1. cover dan abstrak.pdf

Download (499kB)
[img] Text
2. BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (458kB)
[img] Text
3. BAB Akhir (Penutup).pdf

Download (553kB)
[img] Text
4. Daftar Pustaka.pdf

Download (418kB)
[img] Text
5. Tugas Akhir Full Text Rayhandra Putra Suhendra.pdf

Download (4MB)

Abstract

Besarnya pertumbuhan penduduk pada suatu daerah juga berdampak pada volume kendaraan yang dapat menyebabkan konflik seperti kemacetan atau kecelakangn yang membahayakan pada pengguna jalan. Kota Padang merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatra Barat yang memiliki 950.871 penduduk (Badan Pusat Statistik Kota Padang 2019 ) dengan kepemilikan kendaraan sebanyak 401.420 unit yang terdaftar (BPS Kota Padang, 2019). Selama tahun 2018, kota Padang tercatat memiliki 536 kecelakaan lalu lintas dengan kerugian mencapai Rp. 1.173.950.000 (BPS Kota Padang, 2018). Dari data tersebut menunjukan bahwa pengemudi kendaraan masih belum bisa bertindak saat mengahadapi konflik lalu lintas. Salah satu jaringan jalan yang sedang dikembangkan adalah Jl. Dr. Wahidin, Parak Gadang, Kec. Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat yang ditujukan untuk mengurangi beban volume lalu lintas di jalan pusat kota Padang. Pada ini juga tidak dilengkapi dengan pengaturan lalu lintas bersinyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi jenis, frekuensi dan derah konflik serta menganalisis keselamatan pada persimpangan dengan memperhatikan tingkat keseriusan konflik dari pergerakan arus lalu lintas. Data yang di dapat pada metoda dengan cara merekam pergerakan lalu lintas dengan menggunakan drone. Pengambilan video dilakukan Pada lokasi penelitian weekend dan weekday pada tanggal 24 dan 26 September 2022 ditinjau pada pukul 17.15–17.30 WIB dan pukul 11.00-11.15 WIB pada saat weekend serta 09.15-09.30 pada saat weekday yang menghasilkan 93 kejadian konflik weekend yang terbagi atas 53 serious conflict dan 30 non serious conflict saat sore dan 76 kenjadian konflik dengan 39 serious conflict dan 37 non serious conflict, pada weekday yang terbagi atas 129 conflict dengan 80 serious conflict dan 47 non serious conflict pada sore hari dan 60 conflict dengan 34 serious conflict dan 26 non serious conflict pada siang hari. Solusi untuk permasalahan ini yaitu pembuatan kanalisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Bayu Martanto Adji S.T., M.T., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Persimpangan tidak bersinyal, konflik lalu lintas, kecelakaan, time traffic conflict technique.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 18 Jul 2023 10:39
Last Modified: 18 Jul 2023 10:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207474

Actions (login required)

View Item View Item