Komunikasi Antarpribadi Guru dan Siswa Autis Dalam Membangun Interaksi Sosial Pada Pendidikan Inklusi di SMPN 23 Kota Padang

Faisal, Almi (2023) Komunikasi Antarpribadi Guru dan Siswa Autis Dalam Membangun Interaksi Sosial Pada Pendidikan Inklusi di SMPN 23 Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (Fulltext)
FULL SKRIPSI ALMI FAISAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Siswa yang bernama Izza merupakan siswa berkebutuhan khusus di Pendidikan Inklusi di SMPN 23 Kota Padang yang tidak dapat berkomunikasi secara efektif sekalipun dengan orang yang dekat dengannya. Dalam pendidikan tentunya adanya hubungan atau interaksi antara guru dan siswa baik di itu dalam proses belajar mengajar maupaun di luar proses belajar.Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi yang terjadi antara guru dan siswa autis serta menganalisis komunikasi antarpribadi dalam membangun interaksi sosial siswa autis di pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dan teori sensitivitas retoris serta menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi langsung dan wawancara, dokumentasi yang melibatkan guru sebagai informan. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi guru dan siswa autis dalam membangun interaksi sosial yaitu dengan menggunakan komunikasi interaksional, yang memiliki ciri-ciri seperti, adanya komunikasi dua arah, terdapat komunikasi langsung atau tatap muka, menggunakan bahasa verbal dan nonverbal, dan hubungan interpersonal. Hambatan dalam proses komunikasi yang terjadi pada komunikator, pesan, dan komunikan. Dampak dari komunikasi antarpribadi antara guru dan siswa autis dalam membangun interaksi sosial autis dapat diketahui bahwa aspek komunikasi interaksi sosial siswa autis mulai dari bertanya, bercerita, dan menghargai orang lain. Analisis komunikasi antarpribadi guru dengan siswa autis pendidikan inklusi di SMPN 23 Kota Padang menggunakan analisis dengan teori sensitivitas retoris dengan pendekatan komunikasi humanistik yaitu keterbukaan, empati, dukungan, perasaan positif dan kesetaraan. Kata Kunci: Autisme, Interaksi Sosial, Komunikasi Antarpribadi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos, MA Annisa Anindya, S.I.Kom., M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:03
Last Modified: 18 Jul 2023 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207466

Actions (login required)

View Item View Item