FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP WANITA MENOPAUSE DI DESA KOTO PANJANG KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI TAHUN 2023

Zilfia, Armaningsi Futri (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP WANITA MENOPAUSE DI DESA KOTO PANJANG KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER & ABSTRAK WATERMARK.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1_PDF.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (bab 6 (kesimpulan dan saran))
BAB 6 BARU_PDF.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA_PDF.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. SKRIPSI ADA WATERMARK_PDFF-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Sebagian besar wanita menopause di Desa Koto Panjang Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi memiliki kualitas hidup yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup wanita menopause di Desa Koto Panjang Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Metode Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi sebanyak 128 dengan sampel 108 sampel. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat, analisis bivariat dengan uji statistik chi-square, serta analisis multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil Lebih dari separuh (56,5%) wanita menopause di Desa Koto Panjang Kabupaten Kerinci memiliki kualitas hidup yang buruk. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan tingkat pengetahuan (p-value = 0,0001), pekerjaan (p-value = 0,0001), olahraga (p-value = 0,005), dan tingkat kecemasan (p-value = 0,0001) terhadap kualitas hidup. Analisis multivariat menunjukkan variabel yang paling berhubungan dengan kualitas hidup yaitu pekerjaan (p-value = 0,0001 ; POR = 14,944). Kesimpulan Terdapat hubungan tingkat pengetahuan, pekerjaan, olahraga, dan tingkat kecemasan dengan kualitas hidup. Pekerjaan merupakan faktor yang paling berhubungan dengan kualitas hidup wanita menopause. Diharapkan dapat meningkatkan kegiatan positif seperti meningkatkan nilai keterampilan, sehingga wanita menopause tetap dapat produktif dan dapat menambahkan penghasilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yessy Markolinda, S.Si., M.Repro
Uncontrolled Keywords: Kualitas Hidup, Menopause, Karakteristik Individu
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:07
Last Modified: 18 Jul 2023 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207222

Actions (login required)

View Item View Item