STRATEGI SEGMENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MELALUI PRODUK TABUNGAN BNI EMERALD PADA BANK BNI KCP A. YANI PADANG

Vania, Beatrice Sonita (2023) STRATEGI SEGMENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MELALUI PRODUK TABUNGAN BNI EMERALD PADA BANK BNI KCP A. YANI PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
Coverr.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Bab I)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text (Bab V)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
TUGAS AKHIR .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Segmentasi pasar dapat berperan penting sebagai dasar penentuan posisi produk sehingga mampu bertahan dalam persaingan yang ada dengan baik, begitu juga persaingan dalam dunia perbankan. Oleh karena itu, bank di Indonesia seperti BNI perlu menetapkan suatu strategi segmentasi pasar yang tepat. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi, kendala, dan solusi segmentasi pasar yang diterapkan pada Bank BNI KCP A. Yani Padang untuk meningkatkan jumlah nasabah melalui produk tabungan BNI Emerald. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa segmentasi pasar yang diterapkan Bank BNI KCP A. Yani Padang dalam produk tabungan BNI Emerald terbagi atas tiga bagian yaitu: (1) Personal Banking untuk nasabah yang memiliki Asset Under Management (AUM) dari Rp. 500 Juta sampai Rp. 5 Miliyar, (2) Priority Banking untuk nasabah yang memiliki Asset Under Management (AUM) dari Rp. 5 Miliyar sampai Rp. 15 Miliyar, dan (3) Private Banking untuk nasabah yang memiliki Asset Under Management (AUM) Rp. 15 Miliyar ke atas. Dari hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa segmentasi pasar yang diterapkan memiliki kendala berupa peningkatan jumlah nasabah BNI Emerald yang masih tergolong lambat. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi berupa edukasi dan pengembangan fitur-fitur emerald ke masyarakat dan memilih tenaga kerja yang ahli pada bidangnya agar dapat mencapai tujuan bank tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Laela Susdiani,SE,M.Com
Uncontrolled Keywords: segmentasi pasar, nasabah, emerald, asset under management.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:46
Last Modified: 18 Jul 2023 02:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207142

Actions (login required)

View Item View Item