Sentra Tenun Balai Panjang Dalam Membangun Industri Berbasis Budaya Yang Berkelanjutan (Studi Brand Communication terhadap Industri Tenun Lokal di Kota Payakumbuh)

Tifany, Nazlia (2023) Sentra Tenun Balai Panjang Dalam Membangun Industri Berbasis Budaya Yang Berkelanjutan (Studi Brand Communication terhadap Industri Tenun Lokal di Kota Payakumbuh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (BAB 5 (Penutup))
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Full Text Skripsi)
Full Text - Skripsi Nazlia Tifany.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan industri tenun terhadap tenaga kerja lokal menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadi wadah pewarisan budaya di Indonesia. Sentra Tenun Balai Panjang merupakan salah satu industri tenun yang terletak di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. Keberadaan Tenun Balai Panjang sebagai brand dari Sentra Tenun Balai Panjang menjadi potensi ekonomi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan serta menjadi identitas budaya masyarakat Kota Payakumbuh. Brand Communication merupakan salah satu cara untuk membantu menyampaikan potensi tersebut kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam brand communication yang dilakukan oleh Sentra Tenun Balai Panjang sebagai industri tenun di Kota Payakumbuh dalam membangun industri berbasis budaya yang berkelanjutan. Peneliti melakukan analisis dengan menggunakan teori Brand Communication yang terdiri dari Internal Brand Communication dan External Brand Communication. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan teknik analisis data Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal brand communication Sentra Tenun Balai Panjang diimplementasikan melalui kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman karyawan dan memiliki rasa relevansi dengan nilai merek seperti gotong royong dan rapat koordinasi. Sedangkan external brand communication diimplementasikan ke dalam bentuk personal selling, advertising, trade show, direct marketing, dan internet. Upaya yang dilakukan Sentra Tenun Balai Panjang dalam membangun industri berbasis budaya yang berkelanjutan adalah melalui kolaborasi dengan para stakeholder yang bertanggung jawab maupun yang memiliki visi dan misi yang sama, seperti Pemerintah Kota Payakumbuh dan Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom Ilham Havifi, M.I.Kom
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:43
Last Modified: 17 Jul 2023 08:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206953

Actions (login required)

View Item View Item