KOMUNIKASI PROMOSI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UNGGULAN BORDIR KERANCANG KOTA BUKITTINGGI

SORAYA, NURHUDA NELSON (2016) KOMUNIKASI PROMOSI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UNGGULAN BORDIR KERANCANG KOTA BUKITTINGGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan dengan ditetapkannya Bukittinggi sebagai daerah Klaster Bordir Nasional dan didukung dengan keputusan Walikota Bukittinggi yang menetapkan bordir kerancang sebagai produk unggulan daerah, maka Pemerintah Kota Bukittinggi melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan bordir kerancang Bukittinggi. Khususnya oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, dimana dinas ini mengambil peranan besar dalam mempromosikan bordir kerancang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi promosi Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan dalam mempromosikan produk unggulan Bordir Kerancang Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pemikiran mengenai komunikasi promosi dengan menggunakan Teori Bauran Promosi yaitu advertissing, personal selling, sales promotion, public relation, dirrect marketting. Hasil dari penelitian ini diketahui upaya promosi yang dilakukan mengunakan berbagai media cetak diantaranya adalah leaflet, buku dan media elektronik seperti televisi. Promosi juga dilakukan dengan mengikuti event-event pameran nasional dan internasional. Upaya promosi yang paling sering dilakukan adalah dengan Pameran karena dianggap menjadi tindakan yang paling berpengaruh dan memberikan efek langsung kepada Dinas, Pedagang Bordir Kerancang, Pengrajin Bordir Kerancang. Promosi yang dilakukan dapat berjalan baik dengan adanya program rencana yang tersusun berbagai kegiatan baik internal maupun eksternal yang nantinya akan menjadi acuan dalam kegiatan promosi dan membina serta bekerja sama dengan pengrajin dan pedagang Bordir Kerancang Bukittinggi. Kata Kunci: Komunikasi Promosi, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Bukittinggi, Bauran Promosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Jan 2017 06:38
Last Modified: 24 Jan 2017 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item