Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dan Sikap Anak Dengan Tindakan Pemeliharaan Personal Hygiene Organ Genitalia Pada Remaja Putri Disabilitas Intelektual Di SLB Kota Padang

Nadya, Olivia (2023) Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dan Sikap Anak Dengan Tindakan Pemeliharaan Personal Hygiene Organ Genitalia Pada Remaja Putri Disabilitas Intelektual Di SLB Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
Penutup.pdf

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FULL Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tindakan personal hygiene organ genitialia perlu dilakukan karena jika tidak dirawat dengan baik mudah terkena infeksi. Disabilitas intelektual mengalami kesulitan dalam melakukan perawatan diri khususnya organ genitalia dan masih bergantung pada orang tua, sehingga rentan terkena Infeksi Saluran Reproduksi (ISR). Di Indonesia jumlah penderita ISR adalah 90.100 kasus per 100.000 penduduk pertahun. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan orang tua dan sikap terkait pemeliharaan personal hygiene organ genitalia remaja putri disabilitas intelektual. Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di SLB Wacana Asih, SLB YPPLB Padang, SLB N 1 Padang, dan SLB N 2 Padang dari bulan Januari 2022-Mei 2023. Populasi penelitian ini adalah orang tua dan remaja putri disabilitas intelektual di SLB Kota Padang sebanyak 92 orang dan sampel sebanyak 52 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Data diperoleh dengan wawancara menggunakan analisis chi-square (p≤0,05). Hasil penelitian menunjukkan 50,0% orang tua remaja putri disabilitas intelektual memiliki pengetahuan cukup, 65,4% remaja putri disabilitas intelektual memiliki sikap negatif, dan 51,9% tindakan personal hygiene organ genitalia kurang. Hasil bivariat terdapat hubungan antara pengetahuan orang tua (p=0,004) dan sikap (p=0,000) dengan tindakan personal hygiene organ genitalia remaja putri disabilitas intelektual di SLB Kota Padang. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan orang tua dan sikap anak dengan tindakan pemeliharaan personal hygiene organ genitalia pada remaja putri disabilitas intelektual di SLB Kota Padang. Disarankan kepada orang tua yang memiliki anak disabilitas intelektual, guru di SLB, dan tenaga kesehatan agar dapat melatih dan memberi arahan mengenai tindakan pemeliharaan personal hygiene organ genitalia pada anak disabilitas intelektual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rafika Oktova, S.ST., M.Keb
Uncontrolled Keywords: Personal Hygiene, Disabilitas, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 15 Jul 2023 04:49
Last Modified: 15 Jul 2023 04:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206493

Actions (login required)

View Item View Item