PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman)

Syahiratul, Aini (2023) PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai dengan organizational citizenship behavior sebagai variabel moderasi pada dinas pendidikan kabupaten pasaman. Penelitian ini menerapkan desain studi korelarional dan data kuantitatif dikumpulkan dari 92 responden yang terdaftar sebagai pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman. Teknik penngambilan sampel yakni non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan Software SmartPLS 4.0. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis data yaitu Measurement (Outer), Structural (Inner) Model, Uji Hipotesis, dan Pengujian Moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, komitmen organisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, organizational citizenship behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, organizational citizenship behavior berpengaruh positif dan tidak signifikan dalam hubungan memoderasi hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja pegawai, dan organizational citizenship behavior berpengaruh positif dan tidak signifikan dalam hubungan memoderasi hubungan antara komitmen organisasi dengan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hendra Lukito, SE, MM, Ph.D
Uncontrolled Keywords: kepuasan kerja, komitmen organisasi, kinerja pegawai, organizational citizenship behavior
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:24
Last Modified: 13 Jul 2023 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206383

Actions (login required)

View Item View Item