PENGARUH PEMBERIAN BOOKLET DAN PILLBOX TERHADAP PENGETAHUAN, KEPATUHAN SERTA TEKANAN DARAH PASIEN HIPERTENSI PUSKESMAS RASIMAH AHMAD KOTA BUKITTINGGI

Rizqa, Hasanah (2023) PENGARUH PEMBERIAN BOOKLET DAN PILLBOX TERHADAP PENGETAHUAN, KEPATUHAN SERTA TEKANAN DARAH PASIEN HIPERTENSI PUSKESMAS RASIMAH AHMAD KOTA BUKITTINGGI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Bab V Penutup (Kesimpulan dan Saran))
13. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (Draf Tesis Lengkap)
Draf Tesis Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit kronis yang membutuhkan terapi jangka panjang. Prevalensi hipertensi setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, tetapi pengetahuan dan kepatuhan pasien terhadap pengobatan tergolong masih rendah. Penggunaan obat antihipertensi yang setiap hari, memerlukan pengetahuan yang baik mengenai penyakit maupun terapi yang digunakan. Pengetahuan yang lebih baik akan meningkatkan kepatuhan pasien dalam pengobatan sehingga tekanan darah lebih terkontrol dan terhindar dari resiko komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian booklet dan pillbox terhadap tingkat pengetahuan, kepatuhan dan tekanan darah pasien hipertensi prolanis di Puskesmas Rasimah Ahmad Kota Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental dan jenis penelitian pretest – posttest control group design dengan subjek penelitian 40 responden yang dibagi secara acak menjadi dua kelompok (kontrol dan intervensi) dan telah dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2023. Media intervensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah booklet, pillbox dan sfigmomanometer. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner HK-LS untuk menilai pengetahuan, metode pill count untuk menilai kepatuhan dan sfigmomanometer untuk memperoleh nilai tekanan darah pasien. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kepatuhan pasien hipertensi Analisis statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon Signed Ranks untuk mengetahui pengaruh pemberian intervensi terhadap tingkat pengetahuan, kepatuhan dan tekanan darah pasien. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa pemberian booklet dan pillbox memperoleh nilai signifikan untuk pengetahuan (p-value = 0,000), kepatuhan (p-value =000) dan tekanan darah (p-value =0,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa, pemberian booklet dan pillbox berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, kepatuhan dan tekanan darah pasien hipertensi prolanis di Puskesmas Rasimah Ahmad Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Yelly Oktavia Sari
Uncontrolled Keywords: hipertensi, pengetahuan, kepatuhan, tekanan darah, booklet, pillbox
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:22
Last Modified: 13 Jul 2023 04:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206292

Actions (login required)

View Item View Item