PEBEDAAN KADAR ASAM URAT PADA MAHASISWI DENGAN INDEKS MASSA TUBUH NORMAL DAN OBESITAS DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2022

Rifvia, Mustikaweni Zachraina (2023) PEBEDAAN KADAR ASAM URAT PADA MAHASISWI DENGAN INDEKS MASSA TUBUH NORMAL DAN OBESITAS DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Text (BAB 1 Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
Text (BAB 7 Penutup).pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Text (Skripsi Full text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Obesitas merupakan topik permasalahan utama dalam bidang kesehatan. Jumlah penderitanya mengalami peningkatan yang cukup pesat dalam beberapa dekade terkahir terutama pada wanita usia dewasa muda. Penumpukan jaringan lemak pada penderita obesitas dapat menyebabkan gangguan pada sistem metabolik, seperti hiperurisemia. Hiperurisemia yang dibiarkan menetap dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan hemodinamik dan kardiovaskular yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kadar asam urat pada mahasiswi di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang memiliki status gizi normal dan obesitas. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini merupakan 66 orang mahasiswi di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang yang memiliki status gizi normal dan obesitas dengan jumlah pada masing-masing kelompok adalah 33 orang. Kadar asam urat responden dianalisis menggunakan Roche Cobas c501 di Laboratorium Klinik Pramita, Padang dengan metode spektofotometri, sedangkan untuk analisis data digunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene’s, dan uji Independent T-test. Pada umumnya usia yang ditemukan pada kedua kelompok mahasiswi dalam penelitian ini adalah 20 tahun dengan nilai rerata kadar asam urat pada kelompok mahasiswi yang mengalami obesitas lebih tinggi daripada yang normal dengan angka 5,61±0,69 mg/dL vs. 4,83±1,03 mg/dL. Ditemukan perbedaan yang bermakna terhadap nilai kadar asam urat antara kelompok mahasiswi yang memiliki status gizi normal dan obesitas secara statistik dengan nilai p=0,001 (p<0,05). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara kadar asam urat pada mahasiswi dengan status gizi normal dan obesitas di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Desmawati, M.Gizi
Uncontrolled Keywords: Mahasiswi, Obesitas, hiperurisemia
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:20
Last Modified: 05 Jul 2023 02:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205372

Actions (login required)

View Item View Item