PENGARUH PEMBERIAN AROMATHERAPI LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH PADANG

indri, guspita (2017) PENGARUH PEMBERIAN AROMATHERAPI LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH PADANG. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler yang menjadi masalah utama didunia karena memberikan komplikasi-komplikasi yang fatal. Hal ini dapat diobati melalui dua cara yaitu secara farmakologis dan non farmakologis. Aromaterapi merupakan salah satu terapi non farmakologis yang dapat menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian aromaterapi lavender terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Pauh Kota Padang tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan pendekatan Non Equivalent Control Group pada 30 responden prehipertensi yang terdiri dari 15 kelompok eksperimen dan 15 kelompok kontrol, yang di peroleh secara Purposive Sampling. Kelompok eksperimen diberikan aromaterapi lavender sebanyak 2 tetes selama 3 hari berturut-turut, sedangkan kelompok kontrol tanpa diberikan intervensi. Tekanan darah responden diukur sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Dari penelitian didapatkan rata-rata penurunan tekanan darah sistolik kelompok eksperiment adalah 5,73 mmHg dengan standar deviasi 1,236 mmHg dan rerata penurunan tekanan darah diastolik adalah 4,34 mmHg dengan standar deviasi 1,147 mmHg. Hasil Uji Paired T test pada kelompok eksperimen didapatkan nilai p<0,05, hal ini menunjukkan aromaterapi lavender dapat menurunkan tekanan darah. Sedangkan pada uji Mann-Whitney Test didapatkan nilai p<0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan penurunan tekanan darah antara kelompok eksperimen dan kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada pengaruh aromaterapi levender terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi. Dengan demikian penyakit prehipertensi dapat menggunakan aromaterapi lavender dengan cara inhalasi untuk menurunkan tekanan darah. Kata kunci : hipertensi, aromaterapi lavender, tekanan darah Daftar Pustaka : 63 (2000-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:27
Last Modified: 30 Jan 2017 06:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20455

Actions (login required)

View Item View Item