Simulasi Dampak Penataan Simpang 4 Hang Tuah Padang Terhadap Kinerja Lalu Lintas dengan Menggunakan Software Vissim

Ramadhany, Annisa Fitri (2023) Simulasi Dampak Penataan Simpang 4 Hang Tuah Padang Terhadap Kinerja Lalu Lintas dengan Menggunakan Software Vissim. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Persimpangan merupakan titik bertemunya ruas jalan yang terpisah. Dimana persimpangan merupakan tempat terjadinya konflik lalu lintas antara kendaraan dengan kendaraan lainnya. Pada simpang 4 Hang Tuah terdapat 4 ruas jalan yaitu Jalan Pemuda terletak pada arah utara, jalan M.Yamin terletak pada arah timur, jalan Diponegoro terletak pada arah selatan dan jalan Hang Tuah terletak pada arah barat. Untuk jalan M.Yamin dan jalan Pemuda merupakan jalan satu arah, sedangkan jalan Hang Tuah dan jalan Diponegoro merupakan jalan dua arah. Dikarenakan kondisi pasar raya yang berada di jalan M.Yamin mengalami penurunan aktivitas di pasar, menyebabkan kondisi pasar raya yang mulai menjadi sepi, sehingga jalan M.Yamin dijadikan menjadi jalan dua arah supaya kondisi pasar tidak menjadi sepi. Pada penelitian ini dilakukan simulasi lalu lintas pada jalan M.Yamin dan jalan Pemuda untuk dijadikan jalan dua arah, sehingga keempat ruas jalan yang terdapat pada simpang 4 Hang Tuah ini merupakan jalan dua arah. Simulasi yang dilakukan pada simpang 4 Hang Tuah ini dilakukan dengan menggunakan software Vissim. Sehingga didapatkan hasil dari simulasi berupa nilai tundaan, panjang antrian, dan tingkat pelayanan. Untuk kondisi eksisting didapatkan tingkat pelayanan C dengan panjang antrian rata-rata sepanjang 18,31 meter dan tundaan rata-rata selama 15,42 detik. Dan untuk simulasi yang digunakan yaitu menggunakan simulasi 1 karena tingkat pelayanan yang didapatkan adalah C dengan panjang antrian rata-rata sepanjang 14,74 meter dan tundaan rata-rata selama 15,85 detik. Kata kunci : Simulasi Lalu Lintas, Panjang Antrian, Tundaan, Vissim

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: YOSRITZAL, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 11 May 2023 01:51
Last Modified: 11 May 2023 01:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203619

Actions (login required)

View Item View Item