Gambaran Pelaksanaan Layanan Orientasi Internal (LOI) pada Pasien Baru Di Ruang Rawat Inap Pria Penyakit Dalam RSUP Dr M Djamil Padang Tahun 2023

Reffy, Anyati (2023) Gambaran Pelaksanaan Layanan Orientasi Internal (LOI) pada Pasien Baru Di Ruang Rawat Inap Pria Penyakit Dalam RSUP Dr M Djamil Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Bab VI (Penutup))
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (23kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (KIA full text)
KIA fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Layanan Orientasi Internal (LOI) merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang sangat penting, hal ini jika belum dilakukan sesuai standar dapat menurunkan mutu suatu kualitas pelayanan dan tingkat kepercayaan pasien terhadap pelayanan di rumah sakit tersebut. Pelaksanaan LOI dibeberapa penelitian didapatkan bahwa belum optimal dalam pelaksanaanya. Orientasi terhadap pasien baru merupakan usaha memberikan informasi/sosialisasi kepada pasien dan keluarga tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan selama di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan orientasi pasien baru di Rawat Inap Pria Penyakit Dalam RSUP Dr. M DJamil Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu metode non-probality sampling dengan menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden penelitian sebanyak 30 orang pasien baru masuk. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan hanya secara univariat. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan dalam pelaksanaan Layanan Orientasi Internal (LOI) di ruang rawat inap RSUP DR M DJamil Padang sebanyak 36,7% responden mengatakan pelaksanaannya baik sebanyak 26,7% responden mengatakan kurang baik, sebanyak 23,3% responden mengatakan sangat baik dan sebanyak 13,3% responden mengatakan cukup baik. Layanan Orientasi Internal (LOI) merupakan hal yang sangat penting dalam pelayanan rumah sakit maka dari itu disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit lebih mengoptimalkan pelaksanaan LOI sehingga aspek LOI yang terkategori kurang baik dapat ditingkatkan lagi yang berguna untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ns Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Orientasi pasien baru, pelaksanaan, ruang rawat inap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 May 2023 09:44
Last Modified: 10 May 2023 09:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203318

Actions (login required)

View Item View Item