Analisis Parameter Keberhasilan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Metode DeLone dan McLean (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Swasta di Kota Padang)

Azni, Srimaydila Aziz (2023) Analisis Parameter Keberhasilan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Metode DeLone dan McLean (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Swasta di Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover-abstrak.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
tesis Azni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini mengkaji upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit swasta di Kota Padang dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, dan kepuasan pengguna terhadap net benefit. Peneliti menggunakan metode DeLone dan McLean karena model ini dikenal sebagai model sederhana namun dianggap cukup valid oleh peneliti dalam mengukur suatu sistem informasi. Penelitian ini menggunakan sampel karyawan dan karyawati rumah sakit swasta tipe C di kota Padang dan mengumpulkan data menggunakan kuesioner online (google form). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem tidak berpengaruh pada penggunaan. Kemudian kualitas sistem mempengaruhi kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kualitas layanan secara bersama-sama mempengaruhi penggunaan dan kepuasan pengguna. Selain itu, penggunaan dan kepuasan pengguna mempengaruhi manfaat bersih. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk mengembangkan potensi SIMRS menjadi lebih baik lagi dan memberikan informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas SIMRS pada rumah sakit swasta di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rita Rahayu, SE, M.Si, Ak
Uncontrolled Keywords: Kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, manfaat bersih
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 08 May 2023 02:29
Last Modified: 08 May 2023 02:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202802

Actions (login required)

View Item View Item