KORELASI INDEKS MASSA TUBUH DENGAN GLUKOSA DARAH PUASA DAN KOLESTEROL PADA SKRINING KESEHATAN TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Jihan, Ramadhani (2023) KORELASI INDEKS MASSA TUBUH DENGAN GLUKOSA DARAH PUASA DAN KOLESTEROL PADA SKRINING KESEHATAN TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Absrtak.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Skripsi Full Text_Jihan Ramadhani)
Skripsi Full Text_Jihan Ramadhani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penyakit tidak menular sebagai penyebab kematian di Indonesia semakin meningkat. Hiperglikemia, hiperlipidemia, dan obesitas merupakan beberapa faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit tidak menular. Tenaga kependidikan merupakan kelompok pekerja kantoran yang berisiko mengalami obesitas dan penyakit tidak menular karena memiliki aktivitas fisik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara indeks massa tubuh dengan kadar glukosa darah puasa dan kadar kolesterol total pada skrining kesehatan tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Data yang digunakan adalah data sekunder skrining kesehatan tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang dilaksanakan pada tanggal 08 September 2021. Alat yang digunakan dalam penelitian adalah alat glucometer terkalibrasi untuk mengukur glukosa darah puasa dan autocheck terkalibrasi untuk pemeriksaan kolesterol total. Terdapat 37 data yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji korelasi pearson dengan tingkat kepercayaan 95%. Penelitian yang diperoleh dari hasil skrining kesehatan tenaga kependidikan fakultas kedokteran Universitas Andalas hampir sebagian besar berada pada kategori dewasa akhir, paling banyak berjenis kelamin perempuan dan hampir sebagian besar mengalami obesitas. Nilai rerata indeks massa tubuh 25,3 kg/m2, rerata kadar glukosa darah puasa 126,57 mg/dL dan rata-rata kadar kolesterol total 205, 14 mg/dL. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada korelasi indeks massa tubuh dengan kadar glukosa puasa (r = 0,316; p = 0,057) dan tidak ada korelasi indeks massa tubuh dengan kadar kolesterol total (r = 0,091; p = 0,591 ). Kesimpulan dalam penelitian ini tidak ada korelasi indeks massa tubuh dengan kadar glukosa darah puasa dan kadar kolesterol total pada skrining kesehatan tenaga kependidikan fakultas kedokteran Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dwi Yulia, Sp. PK
Uncontrolled Keywords: indeks massa tubuh, glukosa darah puasa, kolesterol total, tenaga kependidikan
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 02 May 2023 07:59
Last Modified: 02 May 2023 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202619

Actions (login required)

View Item View Item