ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA ANAK DENGAN BERAT BADAN TIDAK SESUAI TERHADAP TINGGI BADAN (WASTING) DENGAN PEMBERIAN INTERVENSI GIZI SEIMBANG “ISI PIRINGKU” DI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG

Putri, Rahmadani (2023) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA ANAK DENGAN BERAT BADAN TIDAK SESUAI TERHADAP TINGGI BADAN (WASTING) DENGAN PEMBERIAN INTERVENSI GIZI SEIMBANG “ISI PIRINGKU” DI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK PUTRI.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan Putri.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Putri.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
WATERMARK KIA PUTRI RAHMADANI 2141312116.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Balita merupakan kelompok yang paling beresiko mengalami permasalahan karena masih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah mengalami wasting terhadap kurangnya asupan nutrisi yang membuat berat badan tidak sesuai tinggi badan. Wasting yang tidak ditangani dengan cepat dapat mengakibatkan seseorang mengalami kematian dibanding anak-anak yang memiliki status gizi baik. Perlunya tindakan yang bisa dilakukan oleh keluarga pada anak dengan motivasi dan pengawasan dirumah dengan pemberian edukasi gizi seimbang. Tujuan dari penulisan karya ilmiah akhir ini adalah untuk menggambarkan Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Anak Wasting dengan menerapkan Evidance Based Practice Pemberian Intervensi “Isi Piringku”. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan metode kasus dan asuhan keperawatan yang dilakukan menggunakan proses pendekatan keperawatan keluarga. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terlihat peningkatan pengetahuan tentang wasting setelah dilakukan pendidikan kesehatan dan peningkatan berat badan diukur dengan menggunakan timbangan berat badan selama 5 kali dalam 5 minggu, sebelum intervensi 8,5 kg menjadi 8,9 kg setelah dilakukan penerapan asupan gizi seimbang selama lima minggu namun anak masih dengan kriteria wasting. Diharapkan keluarga mampu menerapkan pola gizi seimbang kepada anak dengan wasting dan pemantauan oleh pihak kader posyandu dan puskesmas dalam upaya mencapai target berat badan sesuai tinggi badan anak. Kata kunci : Wasting, Gizi Seimbang, Defisit Nutrisi Daftar Pustaka : 50 (2015-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:08
Last Modified: 21 Mar 2023 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201991

Actions (login required)

View Item View Item