Hubungan Perilaku Picky Eater Dengan Status Gizi Pada Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) Di Posyandu Cempaka II Kelurahan Andalas Kota Padang Tahun 2022

Tammy, Diannisa Gerda (2023) Hubungan Perilaku Picky Eater Dengan Status Gizi Pada Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) Di Posyandu Cempaka II Kelurahan Andalas Kota Padang Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text
BAB VII Penutup.pdf

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text
skripsi full text .pdf

Download (1MB)
Official URL: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201358

Abstract

Anak usia toddler (1-3 tahun) merupakan salah satu kelompok paling rentan mengalami masalah pada status gizinya terutama gizi kurang. Masalah gizi kurang pada anak usia toddler (1-3 tahun) disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, salah satunya adalah perilaku picky eater. Anak dengan picky eater cenderung memilih-milih makanan yang disukai atau tidak disukainya, jika dibiarkan akan menyebabkan asupan nutrisi yang rendah dan gangguan pertumbuhan. Namun, hasil penelitian tentang faktor yang menyebabkan gizi kurang masih tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku picky eater dengan status gizi pada anak usia toddler (1-3 tahun) di Posyandu Cempaka II Kelurahan Andalas Kota Padang Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan korelasi observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia toddler (1-3 tahun) dengan jumlah sampel 40 anak menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data perilaku picky eater dalam penelitian ini adalah Child Eating Behavior Questionnaire (CEBQ) dan data status gizi didapatkan dari z score berat badan menurut tinggi badan (BB/TB). Data penelitian dianalisis menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian kecil anak usia toddler memiliki status gizi kurang, lebih dari separuh anak usia toddler mengalami perilaku picky eater dan tidak ada hubungan antara perilaku picky eater dengan status gizi. Diharapkan tenaga kesehatan meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat khususnya orangtua melalui promosi kesehatan terkait perilaku picky eater dan dampaknya pada status gizi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Susmiati, Dr. dr. M. Biomed
Uncontrolled Keywords: anak usia toddler, picky eater, status gizi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:52
Last Modified: 10 Mar 2023 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201358

Actions (login required)

View Item View Item