MODEL BISNIS MEDIA SOSIAL BERBASIS CYBER CITIZEN JOURNALISM PADA INFOSUMBAR

Agung, Praymesa (2023) MODEL BISNIS MEDIA SOSIAL BERBASIS CYBER CITIZEN JOURNALISM PADA INFOSUMBAR. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Bab VI (Penutup))
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Thesis Full Text)
FULL Thesis_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Infosumbar merupakan media baru berasal dari Sumatera Barat yang berdiri sejak tahun 2010 diawali dari sebuah akun twitter bernama @infosumbar. Infosumbar kemudian berkembang menjadi media anak muda yang independent dan menempatkan diri menjadi salah satu media yang mendapat kepercayaan dari warganet Sumatera Barat. Infosumbar memanfaatkan berbagai platform media sosial terkini yang banyak digunakan oleh anak muda dalam menyampaikan beragam informasi. Penelitian ini bertujuan menggambarkan model bisnis media sosial berbasis citizen journalism pada Infosumbar dengan menggunakan model bisnis kanvas yang meliputi sembilan blok yang terdiri dari value propositions, customers segments, channels, customers relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships dan cost structure. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian menggambarkan bahwa Infosumbar memiliki value propositions, yaitu sebagai media berbasis citizen journalism yang independen, yang ditawarkan kepada klien adalah jasa iklan suatu produk atau jasa agar diketahui oleh followers Infosumbar secara keseluruhan. Karena era saat ini sudah masuk kepada tahap digitalisasi maka tidak heran lagi berbagai hal dalam industri media saat ini yang beralih kepada digital. Infosumbar memberikan tawaran agar brand lokal atau brand yang diiklankan dapat diterima informasinya ke publik. Customers relationships Infosumbar menggunakan model menjemput pelanggan bukan hanya menunggu namun hal ini dilakukan lebih banyak dalam bentuk online. Key reources di Infosumbar itu manusia, kantor, alat komunikasi, skill manusia, dan kreatifitas. Infosumbar sebagai media yang berkembang senantiasa melaksanakan penambahan sumber daya manusia, saat ini revenue streams Infosumbar berasal dari iklan yang masuk. Sekarang key activities Infosumbar dikenal sebagai media sosial berbasis citizen journalism.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Infosumbar, Model Bisnis, Citizen Jornalism, Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:17
Last Modified: 09 Mar 2023 02:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200834

Actions (login required)

View Item View Item