Pengaruh Ventilasi Mandiri terhadap stres dan kadar gula darah pada pasien penyintas covid 19 dengan diabetes mellitus di poliklinik RS Unand

Vania, Aresti Yendrial (2023) Pengaruh Ventilasi Mandiri terhadap stres dan kadar gula darah pada pasien penyintas covid 19 dengan diabetes mellitus di poliklinik RS Unand. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (BAB Akhir Penutup)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (fulltext)
VANIA ARESTI YENDRIAL (1921312027) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kondisi penyintas covid-19 dengan diabetes mellitus memberikan dampak perburukan klinis pada pasien sehingga menimbulkan perasaan stress. Kondisi stress ini akan memberikan dampak secara tidak lansung dalam manajemen diabetes mellitus sehingga tidak terkontrolnya kadar gula darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ventilasi mandiri terhadap stress dan kadar gula darah pada penyintas covid-19 dengan diabetes mellitus. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperiment dengan nonequivalent control group design dengan jumlah sampel 50 orang kelompok kontrol dan intervensi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS) untuk rata - rata stress, sedangkan untuk kadar gula darah menggunakan glukometer dan analisa data digunakan uji t dependen. Hasil penelitian terdapat pengaruh ventilasi mandiri terhadap rata- rata stress dan rata-rata kadar gula darah pasien penyintas covid-19 dengan diabetes mellitus dimana pada kelompok kontrol tidak terdapat pengaruh tersebut. Sedangkan hasil uji t independen mengatakan terdapat perbedaan rat-rata stress setelah diberikan ventilasi mandiri, namun pada rata-rata kadar gula darah tidak dapat perbedaan setelah diberikan ventilasi. Ventilasi mandiri dapat digunakan pada pasien diabetes mellitus penyintas covid-19 dengan kondisi stress dan dapat juga menurun kan rata-rata kadar gula darah. Perawat sebagai pendamping pasien dapat memberikan ventilasi mandiri sebagai tindakan dalam menurunkan stress pasien diabetes mellitus.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Arina Widya Murni, Sp.PD, K-Psi, FINASIM
Uncontrolled Keywords: Diabetes mellitus, Kadar Gula darah, Penyintas Covid-19, Stress, Ventilasi Mandiri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:02
Last Modified: 08 Mar 2023 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200464

Actions (login required)

View Item View Item