ANALISIS RESEPSI FOLLOWER ASAL INDONESIA TERHADAP KONTEN PROMOSI SERIAL BOYS LOVE THAILAND DALAM AKUN INSTAGRAM @GMMTV

Hasmah, Fadilla (2023) ANALISIS RESEPSI FOLLOWER ASAL INDONESIA TERHADAP KONTEN PROMOSI SERIAL BOYS LOVE THAILAND DALAM AKUN INSTAGRAM @GMMTV. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (962kB) | Request a copy

Abstract

Terpaan konten promosi serial boys love asal Thailand semakin mudah ditemui pada media sosial, terutama instagram. Kesuksesan salah satu serial boys love asal Thailand yang diproduksi GMMTV berjudul 2gether series pada tahun 2020 berhasil membuat pasar untuk tayangan jenis ini terbuka lebar dikalangan audiens internasional, bahkan di negara-negara yang dikatakan memiliki pandangan negatif terhadap tayangan bergenre boys love, salah satunya adalah Indonesia, karena dianggap bertentangan dengan nilai-nilai agama dan merusak generasi muda. Serial boys love merupakan sebuah tayangan yang menampilkan interaksi homoseksualitas antara sesama tokoh pria. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemaknaan dan posisi audiens Indonesia yang menjadi followers akun instagram @GMMTV terhadap konten promosi serial boys love dalam akun instagram @GMMTV. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teori Analisis Resepsi sebagai landasan untuk melihat posisi yang dimiliki oleh audiens Indonesia ketika terpapar konten promosi serial boys love pada akun instagram @GMMTV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Data penelitian didapatkan melalui wawancara dan observasi terhadap informan penelitian. Melalui teknik snowball sampling, diperoleh lima orang informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa audiens Indonesia memiliki pemaknaan dan penafsirannya sendiri terhadap konten promosi serial boys love yang mereka temui pada akun instagram @GMMTV. Audiens bersifat aktif dalam menerima informasi dan mengolah pesan yang mereka temui, sesuai dengan sisi subjektif mereka tanpa terpaku pada norma atau stereotip yang ada. Unggahan pada akun ini tidak hanya dianggap sebagai bentuk promosi, melainkan sebagai sesuatu yang bersifat informatif, serta dinilai memiliki tujuan untuk menormalisasikan konten LGBTQ+ di media sosial. Kata Kunci : Analisis Resepsi, Audiens, Konten Promosi, Instagram, Boys Love.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos. MA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:39
Last Modified: 07 Mar 2023 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200017

Actions (login required)

View Item View Item