Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Booklet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Stimulasi Janin Dalam Pencegahan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang

Rangkuti, Fithri Rahmadina (2022) Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Booklet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Stimulasi Janin Dalam Pencegahan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER+ABSTRAK_Fithri Rahmadina Rangkuti_1811221020.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN_Fithri Rahmadina Rangkuti_1811221020.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP_Fithri Rahmadina Rangkuti_1811221020.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Fithri Rahmadina Rangkuti_1811221020.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (fULL TEXT)
SKRIPSI FULL_Fithri Rahmadina Rangkuti_1811221020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (67MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Salah satu cara yang dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan janin secara optimal untuk mencegah stunting adalah dengan memberikan stimulasi kepada janin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media booklet terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang stimulasi janin untuk pencegahan stunting. Metode Jenis penelitian yaitu quasi eksperiment pretest posttest with control group. Penelitian dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang dari bulan Februari–Desember 2022. Sampel berjumlah 23 responden untuk setiap kelompok yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan Paired Sample t-Test Dan Wilcoxon, Independent Sample t-Test dan Mann Whitney. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan dan sikap ibu hamil sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok intervensi ditandai dengan p- value= 0,000 untuk pengetahuan dan p-value=0,000 untuk sikap. Terdapat perbedaan rata-rata sikap ibu hamil sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok kontrol ditandai dengan p-value=0,024, namun tidak terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan ibu hamil sebelum dan sesudah pada kelompok kontrol dengan p-value=0,129. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap antara kelompok intervensi dengan kontrol ditandai dengan p-value=0,000 untuk pengetahuan dan p- value=0,001 untuk sikap. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian edukasi menggunakan media booklet dapat mempengaruhi perubahan pengetahuan dan sikap pada ibu hamil. Kesimpulan Pemberian edukasi menggunakan media booklet berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan dan sikap pada ibu hamil tentang stimulasi janin untuk pencegahan stunting. Diharapkan kepada puskesmas untuk dapat mempertimbangkan penggunaan media booklet dalam memberikan edukasi kepada ibu hamil tentang stimulasi janin untuk pencegahan stunting secara berkala. Kata Kunci : booklet, edukasi, pengetahuan, sikap, stimulasi janin, stunting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:45
Last Modified: 08 Mar 2023 08:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200005

Actions (login required)

View Item View Item