Shintari, Dwita (2016) Strategi Pemasaran Tahu "Super" pada Pabrik Super Indra di Kelurahan Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
2. BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
3. BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
|
Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
5. TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan, yaitu rendahnya kedisiplinan dalam penyetoran dana penjualan tahu oleh pedagang pengecer dan terdapatnya tahu yang bersisa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal pada Pabrik Super Indra serta merumuskan strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada Pabrik Super Indra. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan total pembobotan matriks IFE sebesar 2,524 yang artinya Pabrik Super Indra memiliki posisi internal yang kuat karena mampu menggunakan kekuatan yang ada untuk mengurangi kelemahan yang dimiliki. Total pembobotan matriks EFE berjumlah 3,726 yang artinya Pabrik Super Indra mampu menarik keuntungan dari peluang eksternal dan menghindari ancaman yang datang. Pabrik Super Indra berada di sel II pada matriks IE. Alternatif strategi yang dihasilkan adalah memperluas daerah pemasaran di Kota Padang, menerapkan sistem bayar uang muka pada pedagang pengecer, mengurus izin usaha dengan instansi terkait, dan membangun mitra dengan pemasok. Berdasarkan perhitungan dari matriks QSPM prioritas strategi pertama yang dapat dilakukan adalah memperluas daerah pemasaran di Kota Padang dengan jumlah total nilai daya tarik (TAS) paling tinggi yaitu sebesar 6,311. Kedua, mengurus izin usaha dengan instansi terkait dengan total nilai daya tarik (TAS) sebesar 3,83. Ketiga, membangun hubungan mitra dengan pemasok dengan total nilai daya tarik (TAS) sebesar 3,325 dan keempat menerapkan sistem bayar uang muka pada pedagang pengecer dengan total nilai daya tarik (TAS) sebesar 2,933. Disarankan Pabrik Super Indra dapat menerapkan beberapa alternatif strategi pemasaran diatas agar dapat mengatasi permasalahan yang ada yaitu pedagang pengecer yang tidak membayar uang setoran dan terdapatnya tahu sisa yang terbuang. Kata kunci : tahu, Pabrik Super Indra, strategi, alternatif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 07:03 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 07:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19401 |
Actions (login required)
View Item |