PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UNTUK SISTEM INFORMASI PENJUALAN, PEMBELIAN, PRODUCTION MANAGEMENT DAN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT (HRM) PADA TOKO TRIO CENDRAMATA

Niko., T.Rahman (2016) PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UNTUK SISTEM INFORMASI PENJUALAN, PEMBELIAN, PRODUCTION MANAGEMENT DAN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT (HRM) PADA TOKO TRIO CENDRAMATA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak - Copy.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Trio Cendramata merupakan toko yang bergerak dalam jasa pembuatan plakat, tanda nama, cendramata dan reklame. Transaksi penjualan dan pembelian yang sedang berjalan pada toko Trio Cendramata dicatat dalam faktur penjualan dan pembelian, rekapitulasi data transaksi dilakukan secara manual dengan microsoft excel sedangkan data hasil produksi, data karyawan dan data penggajian belum dilakuan rekapitulasi oleh pihak toko Trio Cendramata hal tersebut berdampak pada proses bisnis yang belum efektif terutama dalam memperoleh informasi yang akurat tentang data transaksi penjualan, pembelian, manajemen produksi, pendataan karyawan dan pengajian. Oleh karena itu penerapan perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) Dolibarr ERP-CRM, dapat membantu dalam mempermudah proses bisnis dan memperoleh informasi yang berhubungan dengan penjualan, pembelian, manajemen produksi, pendataan karyawan dan pengajian. Penerapan perangkat lunak ERP ini dimulai dengan studi pendahuluan yaitu melakukan metode pengamatan dan wawancara pihak Trio Cendramata yang bertujuan untuk mengetahui alur dari proses bisnis, kemudian alur proses bisnis tersebut didokumentasikan dalam bentuk BPMN dan usecase. Setelah itu melakukan perbandingan terhadap Dolibarr ERP-CRM dengan beberapa open source software ERP. Selanjutnya melakukan pengaturan dan pemilihan modul Dolibarr ERP-CRM, modul yang digunakan yaitu modul penjualan, pembelian, production management dan Human Resource Management (HRM) dan terakhir melakukan penerapan dan pengujian. Salah satu pengujian sistem dilakukan dengan membandingkan kesamaan hasil faktur yang menggunakan Dolibarr ERP-CRM dengan faktur yang dimiliki oleh toko Trio Cendramata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan perangkat lunak Enterprise Resource Plannning (ERP) menggunakan Dolibarr ERP-CRM dapat mengatasi permasalahan pada toko Trio Cendramata untuk proses bisnis penjualan, pembelian, production management dan Human Resource Management (HRM). Keyword : Enterprise Resource Planning (ERP), penjualan, pembelian, production management, Human Resource Management (HRM), Dolibarr ERP-CRM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 13 Dec 2016 07:01
Last Modified: 13 Dec 2016 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18808

Actions (login required)

View Item View Item