KOMUNIKASI PERSUASIF TRASHBAG COMMUNITY REGIONAL SUMATERA BARAT DALAM KAMAPANYE "GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH" DI GUNUNG TALANG SUMATERA BARAT

EKA, VISUGARYAWAN (2016) KOMUNIKASI PERSUASIF TRASHBAG COMMUNITY REGIONAL SUMATERA BARAT DALAM KAMAPANYE "GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH" DI GUNUNG TALANG SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi Persuasif Trashbag Community Regional Sumatera Barat dalam Kampanye “Gunung Bukan Tempat Sampah” di Gunung Talang Sumatera Barat Oleh: Eka Visugaryawan 1210863007 Pembimbing: Dr. EmeraldyChatra, M.I.Kom Dr. ErnitaArif, M. Si Trashbag community adalah sebuah gerakan moral kampanye idealis peduli lingkungan, berbentuk komunitas (nonprofit) yang anggotanya berasal dari berbagai organisasi maupun kalangan bebas/ independent di seluruh Indonesia. Kegiatan yang dilakukan berupaaksi, edukasi, pengawasan, dan sosialisasi dalam upaya kampanye persuasif “Gunung Bukan Tempat Sampah”. Di Sumatera Barat sendiri trashbag community regional Sumatera Barat fokus di Gunung Talang sebagai gunung paling populer bagi pendaki gunung di Sumatera Barat. Salah satu kegiatan trashbag community regional Sumatera Barat adalah dengan mengusahakan Gunung Talang sebagai gunung percontohan. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui praktik kampanye persuasif “Gunung Bukan Tempat Sampah” trashbag community regional Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Data didapatkan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian diolah melalui analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori AIDDA (Attention, Interst, Desire, Decision, Action) dalaman alisis perubahan perilaku pendaki gunung terkait aktivitas kampanye persuasif “Gunung Bukan Tempat Sampah” trashbag community regional Sumatera Barat Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses perubahan perilaku pendaki gunung dalam upaya kampanye persuasif “Gunung Bukan Tempat Sampah” trashbag community regional Sumatera Barat di Gunung Talang akan lebih efektif jika pendekatan kampanyenya dilakukan secara langsung dengan tatap muka, berdiskusi mengenai gunung dan kondisi sampah gunung serta bahaya sampah bagi lingkungan, dibandingkan dengan hanya sekedar himbauan kependaki gunung untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membawa sampah pribadi turun gunung, seperti yang kebanyakan volunteer trashbag community regional Sumatera Barat. Kata kunci: Kampanye Persuasif, Gunung Talang, Trashbag Community

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Oct 2016 04:46
Last Modified: 28 Oct 2016 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18276

Actions (login required)

View Item View Item