Komunikasi Internal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam Menanamkan Ideologi kepada Anggota Biasa (Studi Deskriptif HMI Cabang Padang)

Maya, Anggraini (2016) Komunikasi Internal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam Menanamkan Ideologi kepada Anggota Biasa (Studi Deskriptif HMI Cabang Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK REVISI(1).pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I revisi.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V revisi.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS MAYA BELOM.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi maya full pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI INTERNAL HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) DALAM MENANAMKAN IDEOLOGI KEPADA ANGGOTA BIASA (STUDI DESKRIPTIF HMI CABANG PADANG) Oleh: Maya Anggraini 1210862015 Pembimbing: Dr. Ernita Arif, M.Si Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai organisasi pergerakan mahasiswa tertua di Indonesia masih menjaga eksistensinya sebagai organisasi kader hingga saat ini. Perkaderan merupakan kegiatan primer yang dilaksanakan HMI dalam menanamkan nilai-nilai ideologi organisasi kepada anggotanya. Proses perkaderan yang rutin dilaksanakan HMI mampu meningkatkan anggota HMI baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi internal HMI Cabang Padang dalam menanamkan ideologi terhadap anggota biasa dan mengetahui hambatan komunikasi yang terjadi di HMI Cabang Padang, serta mengetahui pesan-pesan komunikasi menyikapi stigma terhadap HMI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pemikiran mengenai konsep praktik-praktik komunikasi, hubungan internal, hubungan anggota, dan diasosiasikan dengan Teori Budaya Organisasi dan Teori Hubungan Manusia dari Elton Mayo. Komunikasi internal yang dibangun HMI Cabang Padang mampu menanamkan ideologi organisasi kepada anggota biasa, baik yang terus berproses di HMI maupun yang tidak berproses di HMI. Hal ini dapat tercapai ketika orientasi berorganisasi setiap anggota biasa benar. Hambatan komunikasi internal HMI Cabang dikarenakan adanya gangguan semantik dan mekanik, adanya kepentingan, prasangka, dan motivasi terpendam dari setiap anggota biasa. Pesan komunikasi yang diberikan oleh pengurus HMI Cabang Padang kepada anggotanya mampu menyikapi stigma terhadap HMI sehingga anggota biasa HMI mampu memahami realitas organisasinya. Kata Kunci: Komunikasi Internal, Ideologi, HMI Cabang Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:45
Last Modified: 28 Oct 2016 02:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18082

Actions (login required)

View Item View Item