Pengaruh Pemberian Psikoedukasi Terhadap Kecemasan Klien Kanker Payudara Yang Akan Menjalani Kemoterapi di Poliklinik Bedah RSUP.DR.M.Djamil Padang Tahun 2016

Reni, Yusnita (2016) Pengaruh Pemberian Psikoedukasi Terhadap Kecemasan Klien Kanker Payudara Yang Akan Menjalani Kemoterapi di Poliklinik Bedah RSUP.DR.M.Djamil Padang Tahun 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
Bab VII.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS RENI YUSNITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dampak penyakit kanker payudara tidak hanya pada fisik tetapi juga berdampak pada psikologis, yang paling sering ditemukan adalah kecemasan. Kecemasan yang dialami klien kanker payudaratidak hanya saat didiagnosa, tapi juga saat menjalani pengobatan kemoterapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian psikoedukasi terhadap kecemasan klien kanker payudara yang akan menjalani kemoterapi di RSUP DR.M.Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperiment dengan pendekatan one gruop pre-test post-test design. Populasi berjumlah 120 orang klien kanker payudara yang akan menjalani kemoterapi dan sampel penelitian ini adalah 30 orang di poliklinik bedah RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Dengan tehnik pengambilan sampel Total Sampling.Penelitian dimulai tanggal Februari 2016 – Juli 2016. Penelitian uni menggunakan kuesioner HARS yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara sebelum psikoedukasi dengan sesudah dilakukan psikoedukasi dengan hasil Uji T dependen didapat P value = 0,000. Ada hubungan sosial ekonomi dengan kecemasan klien kanker payudara yang akan menjalani kemoterapi dengan p value 0,004. Perlu diberian psikoedukasi yang berkelanjutan untuk dapat menurunkan kecemasan klien kanker payudara yang akan menjalani kemoterapi sehingga klien mau melakukan rangkaian pengobatan. Kata kunci : Kecemasan, Kanker Payudara, Psikoedukasi Daftar Pustaka : 91 ( 1999- 2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 21 Oct 2016 08:36
Last Modified: 21 Oct 2016 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17613

Actions (login required)

View Item View Item