Hubungan Karakteristik Dan Strategi Koping Dengan Parenting Stress Orang Tua Yang Memiliki Anak Leukemia Di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Yoka, Mutia (2016) Hubungan Karakteristik Dan Strategi Koping Dengan Parenting Stress Orang Tua Yang Memiliki Anak Leukemia Di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
(7) Abstrak.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
(9) BAB 1.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
(15)BAB VII.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
(16) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img] Text (Repository Staff Only)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di indonesia angka kejadian leukemia selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Anak leukemia harus menjalankan serangkaian pengobatan yang memiliki dampak tidak hanya kepada anak namun juga terhadap orang tua. Orang tua dengan anak leukemia memiliki parenting stress lebih tinggi dibandingkan orang tua dengan penyakit akut lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik dan strategi koping orang tua dengan anak leukemia di RSUP Dr. M.Djamil Padang. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Instrumen penelitian terdiri dari data demografi, kuesioner Ways of Coping Chechlist-Revised (WCC-R) dan Parental Stress Scale (PSS). Penelitian dilakukan di IRNA Kebidanan dan Anak RSUP. DR. M. Djamil Padang selama 5 bulan dari April hingga Agustus 2016, dengan jumlah sampel yang diambil adalah 30 orang dengan menggunakan teknik concecutive sampling. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan (p=0,028), pendapatan (p=0,018) dan strategi koping (p=0,004) dengan parenting stress orangtua. Sebagian besar (81%) orang tua yang menggunakan problem focused coping memiliki tingkat parenting stress yang rendah, sementara itu 77,8% orang tua yang menggunakan emotion focused coping memiliki parenting stress yang tinggi. Dengan demikian sebaiknya orang tua lebih menggunakan problem focused coping dalam mengatasi stressor selama pengasuhan agar nantinya orang tua tidak mengalami parenting stress yang tinggi. Kata kunci : Karakteristik, Leukemia, Parenting Stress, Strategi Koping Daftar Pustaka : 73 (1994-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:05
Last Modified: 21 Oct 2016 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17582

Actions (login required)

View Item View Item